oleh

Tumpas Peredaran Narkoba, Wabup Irwan Bachri Syam Apresiasi Satres Narkoba

MATARAKYATMU || Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengapresiasi kinerja Satres Narkoba Polres Luwu Timur dalam memberantas peredaran narkoba dan sejenisnya di Lutim.

Hal itu diungkapkannya saat digelar pelimpahan pelaku penyalahgunaan obat daftar G dari Polres Luwu Timur ke Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Luwu Timur, Selasa (25/06/19) sore, di Mapolres Lutim.

Menurutnya, sejak Januari sampai saat ini, Satres Narkoba sudah melakukan penangkapan terhadap puluhan penyalahgunaan narkotika.

Demikian halnya pelaku penyalahgunaan obat daftar G yang saat ini dilimpahkan ke BNK sebanyak 10 orang, kata Wabup Irwan yang juga Ketua BNK Lutim.

Menurutnya, pelimpahan ini sesuai hasil assessment tim rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel.

Dimana kata dia, para pengguna dinyatakan dalam keadaan ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang sediaan Farmasi atau daftar G (kode Y).

Oleh sebab itu, sebanyak 6 orang akan mengikuti wajib lapor di Mapolres Lutim dan BNK selama dua kali seminggu sekaligus menjalani rawat jalan di Puskesmas yang telah ditentukan BNK.

Tak sampai disitu kata Irwan, dua orang yakni satu pria dan satu wanita menjalani rawat inap di Balai Rehab BNN Sulsel yang ditanggung penuh oleh BNK. Sementara tiga orang lainnya dianjurkan melanjutkan sekolah.

Giat tersebut dihadiri orang tua dari masing-masing pelaku yang dipimpin langsung BNK, Kasat Narkoba, IPTU Hery beserta jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Irwan juga mengingatkan agar tidak lagi mengkonsumsi obat tersebut.

“Jangan lagi konsumsi seperti itu nak, itu tidak baik untuk kesehatan, jaga diri dan nama baik orang tua mu,” ucapnya.

Saya minta agar orang tua berperan aktif mengontrol anaknya disetiap pergaulannya, imbuhnya.

Senada dari itu, Kasat Narkoba IPTU Hery mengingatkan, bahwa dalam proses ini jangan ada yang coba-coba lagi melakukan hal yang sama.

“Saya tidak akan toleransi lagi, yang pastinya saya langsung tangkap, karena kalian sudah berjanji,” tandas Hery.

Ini demi kebaikan kamu, bukan kebaikan saya, jadilah orang yang berguna di kampung kalian tanpa narkoba atau obat-obat yang dapat merusak kalian, pinta Hery.

“Sekali lagi saya tegaskan, saya tidak main-main, selama proses ini berlangsung saya akan terus memantau, kalau masih berbuat atau melakukan tindak kriminal lainnya saya akan tangkap,” tegasnya. (M.A.T)

Komentar

News Feed