oleh

Ada Apa Bupati Bantaeng Asistensi Eselon IV?

MAYARAKYATMU | Ratusan pejabat tingkat Eselon IV dikumpulkan Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng di Jalan Andi Mannappiang, Kecamatan Bantaeng, Selasa (09/07/19).

Mereka dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atau SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada. Bupati sengaja menggagas kegiatan bertajuk Fasilitasi Paparan Rencana Kerja (Renja) SKPD dengan sasaran pejabat Eselon IV yang menduduki jabatan Kepala Seksi, Kepala Sub Bagian dan jabatan setingkat.

Satu persatu diminta memaparkan program dan kegiatan yang direncanakan sesuai dengan instansi, bidang, seksi dan unit kerja terkecil yang dikomandoinya. Untuk hal itu, Bupati bergelar Doktor Pemerintahan itu mengasistensi langsung pejabat bersangkutan.

“Jadi apa kegiatan yang akan Anda laksanakan dengan program yang Anda sebutkan tadi?” ucap Ilham Azikin.

Sekilas ucapan dari seorang jebolan STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) tersebut kepada salah seorang pejabat yang menyampaikan penjelasan di tengah pejabat lainnya yang hadir. Termasuk hadir pada kegiatan yang berlangsung hingga sore itu yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab serta Kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng, Dimyati Nongpa selaku penanggung jawab kegiatan.

Sebelumnya Ilham membuka acara secara resmi dan menyampaikan sambutannya. Dikatakan bahwa pertemuan itu sejak lama direncanakan karena digagas langsung olehnya, namun baru terlaksana.

“Kita hadirkan ini sebagai langkah keseriusan untuk membangun komitmen bersama seperti termaktub pada Visi Misi yang ada dalam RPJMD Pemerintah Kabupaten Bantaeng yakni One Agent, Three Innovation”, ungkapnya.

Dia menegaskan ke depan roda OPD di daerahnya berjalan sebagaimana mestinya bahwa semua ASN (Aparatur Sipil Negara) baik pejabat maupun staf dapat memahami tugas pokok dan fungsinya terkait segala hal perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dicapai.

“Jika selama ini program dan kegiatan yang kita rencanakan dan laksanakan tuntas di tingkat Kasubag Program dan Pimpinan SKPD, ke depan tidak boleh seperti itu lagi”, tegas Bupati yang terbilang muda itu.

Proses perencanaan kata dia berangkat dari pejabat struktural di tingkatan masing-masing. Makanya haruslah yang bertanggung jawab terstruktur pula hingga tingkatan terbawah di tiap OPD.

“Kami juga mengevaluasi kemampuan teman-teman dalam memahami arah kebijakan serta apa yang akan kita capai dalam 5 tahun ke depan”, bebernya.

Pada kesempatan sama, Bupati mengatakan bahwa tatap muka dengan seluruh pejabat level terbawah di OPD itu dipantau langsung oleh TPAD yang dia hadirkan saat itu. TPAD diharapkannya membantu melakukan asistensi terhadap para pejabat.

Sementara Bappeda menjaga kesesuaian program dan kegiatan yang direncanakan. Melalui pertemuan alot itu, dia pun mendalami besaran anggaran, lokasi hingga jadwal pelaksanaan kegiatan yang akan dijalankan.

“Program di SKPD tidak boleh copy paste (copas). Jadinya tahun kesatu hingga ke 5 presentasenya tidak bergerak karena copas”, tuturnya.

Tampil perdana memaparkan program dan kegiatan yakni Dinas Ketahanan Pangan yang mana menghadirkan para Kepala Seksi, Kepala Bidang serta Sekretaris Dinas yang dipandu Kepala Dinas. Sayangnya hingga akhir pertemuan, satu orang Kepala Seksi (Kasi) berhalangan hadir karena cuti.

AMBAE | Bantaeng

Komentar

News Feed