oleh

Gaya PMD Bantaeng Selesaikan Masalah

MATARAKYATMU | Menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan Desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,

Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dalam hal ini Dinas PMD PPPA menggelar Bursa Inovasi Desa Kluster I Program Inovasi Desa Kabupaten Bantaeng Tahun 2019, di Tribun Pantai Seruni, Kamis Pagi Kamis,(11/7/2019)

Kegiatan ini ditujukan salah satunya untuk memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif, yang berkembang di masyarakat dan desa-desa, dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan, serta sebagai ruang konsultasi desa dalam pelaksanaan dukungan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Kepala Dinas PMD PPPA Bantaeng, Chaeruddin Arsyad mengatakan bahwa penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 dibagi menjadi 2 kluster, dimana kluster 1 terdiri dari desa-desa dalam wilayah Kecamatan Bantaeng, Bissappu, Sinoa dan Uluere.

“Dengan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan keleluasaan bagi Desa dalam lingkup kecamatan untuk melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komitmen desa dalam replikasi,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bantaeng Abdul Wahab yang pada kesempatan tersebut mewakili Bupati Bantaeng, dalam sambutannya mengatakan bahwa “Langkah-langkah baik yang dapat dilakukan salah satunya melalui pengembangan kegiatan inovatif dan praktek cerdas yang berpotensi,” Cetusnya.

Lanjut kata dia,untuk dikembangkan atau direplikasi di tempat lain dengan beberapa penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan yang telah tumbuh dari inisiatif masyarakat, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Daerah”, jelas Sekda.

Peserta yang hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Kluster 1 sebanyak 202 orang yang terdiri dari perwakilan desa tiga orang per desa, yakni Kepala Desa, Ketua BPD dan Tokoh Masyarakat. Turut hadir para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Alimin DS | Bantaeng

Komentar

News Feed