oleh

2020 Seluruh Sekolah di Sulsel Diharapkan Mengikuti LSS

MATARAKYATMU.- Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) diharapkan seluruh Sekolah di Sulawesi selatan, bisa ikut ambil bagian pada lomba tersebut, sekaligus para pembina diminta aktif turun melakukan pembinaan.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Provinsi Sulsel Nurdin Abdullah diwakili Kepala Biro Kesra Kantor Gubernur Sulsel H.Suherman saat membuka Rapat Koordinasi yang digelar di Hotel Favor Jalan Lasinrang Makassar, Rabu (17/7) kemarin dihadiri Kabag Kesra Bulukumba Hj.Darmawati bersama sejumlah Kabag Kesra, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kepala Kemenag, para Kepala Sekolah pemenang LSS tahun 2919 dan unit kerja terkait se Sulsel selaku pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan pada kegiatan itu panitia pelaksana menghadirkan 4 orang nara sumber menyajikan materi.

Melalui Rapat Koordinasi ini, kata Gubernur, diharapkan adanya kesamaan visi dalam rangka pemgembangan UKS .” Tahun ini kita mencoba sekaligus berusaha agar Provinsj Sulsel bisa menjadi juara 1 LSS tingkat Nasional,” harap Suherman mewakili Gubernur, sambil meminta para pembina UKS di seluruh Kabupaten Kota di Sulsel, agar mengikutkan sekolah mulai tingkat TK, SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat.

Selain itu, kata Suherman, para pembina UKS
agar menyampaikan hasil pembinaannya kepada pihak sekolah sebagai kontrol buat sekolah tersebut. Dan menurutnya, secara nasional program UKS ini mengacu pada
Surat Keputusan 4 Menteri dan kedepannya akan dibuatkan Keputusan Presiden ( Kepres )

Dijelaskan, salah satu hal yang wajib diterapkan di seluruh sekolah, tidak boleh ada yang merokok di lingkungan sekolah, mulai Kepala Sekolah, Guru dan tamu yang ke sekolah. ” Pada saat penilaian LSS, jika ditemukan ada asap rokok, maka akan mengurangi nilai hingga 75 %.

Dan salah satu peran pembina UKS adalah menyampaikan soal pelarangan merokok dalam lingkungan sekolah, termasuk bagaimana seluruh sekolah agar tetap menjaga atau memelihara kebersihan, karena kata Suherman yang juga pembina UKS tingkat Provinsi Sulsel, salah satu tujuan dari program UKS ini, adalah bagaimana agar karakter anak didik terbiasa hidup sehat dan terbiasa menjaga kebersihan, baik diri sendiri maupun lingkungan sekolah.

Menurut Gubernur, kegiatan Rapat Koordinasi ini penting untuk meningkatkan peran serta para pelaksana UKS di semua tingkatan sekolah, di Kabupaten kota di Sulsel dalam rangka pengembangan UKS di Sekolah.

Pada bagian akhir Rapat Koordinasi yang berlangsung hingga pukul 16.00 Wita, sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan piala kepada masing masing juara pertama, kedua dan ketiga Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sulsel, kategori TK, SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat.

Dan piala juara LSS tingkat Provinsi diserahkan Karo Kesra Kantor Guberbur Sulsel H.Suherman mewakili Gubernur Nurdin Abdullah kepada Drs.Syarifuddin Kepala MAN 2 Bulukumba didampingi Kabag Kesra Bulukumba Hj.Darmawati yang berhasil sebagai juara pertama LSS tingkat Provinsi Sulsel dan berhak mengikuti LSS tingkat nasional.- Suaedy.-

Komentar

News Feed