oleh

Jamaah Bulukumba Diminta Jaga Mental dan Fisik

MATARAKYATMU. – Tidak terasa dua pekan jelang memasuki puncak pelaksanaan ibadah haji, Ketua Kloter Enam Embarkasi Makassar Dr. Muhammad Ashdaq, M.Si mengingatkan kepada calon jamaah haji Indonesia (CJHI) asal Bulukumba agar tetap menjaga kesehatan masing-masing.

Arahan itu terus dia sosialisasikan kepada para jamaah di tengah-tengah kesibukannya membimbing dan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah SWT yang dipimpinnya, yang di dalamnya terdapat 432 warga Bulukumba, dan 18 warga Makassar.

“Tujuannya, mengingatkan kembali alur pelaksanaan rukun haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) beserta keutamaannya masing-masing, kermasuk kelengkapan seperti tanda identitas agar tetap dibawa dan barang yang ditinggalkan di kamar hotel dipastikan tetap aman,” ujarnya.

Dia juga mengharapkan agar para jamaah haji terus melakukan persiapan diri dengan mempersiapkan mental dan kondisi fisik untuk menghadapi Armuzna.

Saat ditanya, kapan puncak pelaksanaan haji dilakukan, pihaknya menyatakan, “Bertolak ke Arafah bertepatan 10 Agustus 2019.”

Untuk diketahui, puncak pelaksanaan ibadah haji diawali dengan wukuf di Arafah (sekitat 21 KM dari Makkah) pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada sore hari, jamaah bertolak menuju Muzdalifah (sekitar 8 KM dari Arafah) untuk mabit (bermalam) di sana.

Kemudian pada tanggal 10 Zulhijjah, jamaah haji bertolak menuju Mina (sekitar 6,8 KM dari Muzadalifah) untuk melakukan lempar jumrah dan tahallul.

Selanjutnya pada tanggal 11 Dzulhijjah, jamaah haji kembali ke Makkah untuk lakukan tawaf ifadah bagi yang mengambil nafar awal, dan pada tanggal 12 Dzulhijjah bagi yang mengambil nafal tsani. ****

Laporan Muh.Yusuf Shandy
Dari Makkah Al Mukarromah

Editor H.Suaedy Lantara

Komentar

News Feed