oleh

Begini Pesan IDP Saat Lepas Kafilah CJH Luwu Utara

LUWU UTARA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menitip imbauan penting kepada 242 Jemaah Calon Haji (JCH) yang telah resmi dilepas subuh tadi, Rabu (31/7/2019), di Masjid Agung Syuhada Masamba. Bupati menyebutkan, saat ini suhu udara di Madinah mencapai 40 – 52°C, sehingga JCH dianjurkan memakai payung, topi yang lebar atau syal untuk menutupi wajah. “Ini kalau angin panas lagi berhembus, tapi Mekkah masih lebih rendah,” kata Indah.

Ia juga mengimbau para JCH agar tidak terlalu banyak membawa barang, terutama pakaian agar tidak sesak karena satu kamar dihuni 4 – 6 orang. “Lebih baik bawa makanan tambahan seperti bajabu ikan dan sambel, karena menu makanan nantinya lebih banyak daging,” pesan Bupati perempuan pertama di Sulsel ini. Yang tidak kalah pentingnya, kata Indah, JCH perlu banyak vitamin untuk kekebalan tubuh, terutama menghadapi suhu yang sangat ekstrim.

Ia juga mengimbau JCH agar meningkatkan kewaspadaan selama beraktivitas di sana. “Hati-hati di Mekkah, terutama pintu masuk dan keluar Masjidil Haram serta di tempat keramaian lainnya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya sambil mengingatkan, jarak penginapan ke Masjidil Haram 4 – 5 km. Tapi, kata dia, bus siap antar jemput. “Jangan lupa rupiah juga laku untuk transaksi jual beli,” tandasnya.

Sebelumnya, 242 JCH asal Lugtra resmi dilepas Pj. Sekretaris Daerah, Tafsil Saleh, usai Salat Subuh berjamaah di Masjid Agung Syuhada. Tafsil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah melaksanakan pelepasan JCH dengan lancar. “Ini salah satu upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakatnya yang akan melaksanakan ibadah haji dim omen yang berkah ini,” kata Tafsil.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Lutra, Nurul Haq, dalam laporannya menyampaikan, pelepasan JCH terselenggara dengan baik berkat kerja sama Pemda Lutra, Kepolisian, dan Kementerian Agama. “Terimakasih kepada Pemda Lutra dan semoga kita semua menjadi haji yang mabrur,” ujar Nurul. 242 JCH Lutra tergabung dalam Kloter 35 bersama 189 JCH asal Barru dan 19 dari Makassar. Total 450 JCH Kloter 35.

(Lh/Hamsul)

Komentar

News Feed