oleh

Geruduk Kantor DPRD Lutim, Ini Tuntutan Puluhan Pedagang Pasar Parumpanai

MATARAKYATMU || Puluhan masyarakat yang tergabung dalam perwakilan pedagang pasar Desa Parumpanai, mendatangi Kantor DPRD Luwu Timur, mereka menuntut agar relokasi Pasar Parumpanai tidak dipindahkan ke Lokasi baru yang aksesnya jauh dari pemukiman warga, Senin (5/8/19) Siang.

Terlihat tokoh masyarakat dan perwakilan pedagang yang berada di Desa Parumpanai dan sekitarnya berkumpul di depan DPRD Luwu Timur untuk menyampaikan aspirasi mereka. “Masyarakat sangat membutuhkan bangunan itu, Tapi mohon pihak terkait agar mempertimbangkan kembali lokasinya,” teriak Jabir salah satu perwakilan masyarakat.

Hal itu di sampaikan Jabir, mewakili para pedagang yang berjumlah 104 orang. “Pihak Koperindag dalam hal ini selaku dinas terkait, tidak pernah melakukan sosialisai dan tatap muka dengan para pedagang Pasar untuk merelokasi dan memindahkan lokasi pasar yang sementara kami tempati, ” ungkap Jabir saat menyampaikan tuntutannya di ruang aspirasi DPRD Luwu Timur.

Ditambahkannya, bahwa lokasi Pasar baru yang di rencanakan saat ini berada di tengah kebun sawit, dan aksesnya sangat jauh dari pemukiman warga. Apabila dinas terkait tetap melakukan pembangunan Pasar di lokasi tersebut, kami seluruh pedagang menolak untuk pindah, ujar jabir yang juga merupakan pedagang di pasar, Desa Parumpanai.

Hadir dalam pertemuan tersebut, anggota DPRD Lutim, Ir. Abd. Munir Razak MM, H. Usman Sadik S.sos, serta Efraem ST. Dalam pertemuan itu, Usman Sadik menyambut baik kedatangan perwakilan para pedagang dan akan segera mengundang dinas terkait serta para OPD untuk membahas hal tersebut .

“Kami akan segera mengundang kadis koperindag dan beberapa OPD terkait untuk membahas perihal tuntutan para pedagang pasar dari Desa Parumpanai. Salah satu hal yang sangat penting untuk dijadikan tempat pembangunan pasar yaitu, lokasinya berada dekat pemukiman masyarakat, dan akses menuju ke pasar tersebut bisa dilalui oleh warga,” ujar Usman Sadik yang juga Ketua Komisi III DPRD Lutim.

Surat Hibah Lokasi Pasar Parumpanai Yang Ditanda Tangani Oleh Pemilik Lahan Bersama Kepala Desa Parumpanai.

Diketahui lokasi pasar saat ini yang berada di Desa Parumpanai sangat strategis, dikarenakan aksesnya mudah dijangkau oleh semua masyarakat. Apalagi lokasi tersebut sudah dihibahkan oleh salah satu warga bernama Andi Suhrah yang merupakan pemilik tanah, tambah Usman Sadik.

Disisi lain, Anggota Komisi II DPRD Lutim, Ir. Abd. Munir Razak MM, yang juga hadir pada pertemuan tersebut berharap pembangunan pasar yang akan dilakukan itu harus mengacu beberapa aspek penting, salah satunya dampak ekonomi langsung ke masyarakat sekitar.

“Pembangunan pasar ini menelan anggaran kurang lebih 6 milliiar rupiah, dan merupakan anggaran langsung dari pusat. Jadi setidaknya pertimbangan lokasi, akses dan status lahan harus jelas, agar kedepan tidak ada masalah yang timbul pada saat dimulainya pembangunan pasar tersebut,” harap Munir. (A.T)

Komentar

News Feed