oleh

Tanamkan Karakter, Ini Dilakukan Guru SMPN 1 Masamba

LUWU UTARA – Untuk menanamkan pendidikan karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa, dapat dilaksanakan di manapun dan kapanpun baik di kelas atau di luar kelas.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Kepala SMP Negeri 1 Masamba, Asbul Syamsuddin SPd, bersama guru dalam menanamkan pendidikan karakter dan nilai kehidupan pada siswa adalah penyambutan siswa pada pagi hari.

Dengan senyum, sapa, dan salam inilah guru-guru menyambut anak didiknya di depan pintu gerbang sekolah, dengan harapan terbangunnya suasana nyaman dan harmonis sehingga tercipta suasana yang kondusif ketika sedang proses belajar mengajar.

Menyambut siswa juga memberikan suri tauladan yang baik bagi anak didik agar tepat waktu datang ke sekolah. Sebelum siswa datang guru telah berada di sekolah, itu juga menandakan bahwa guru telah siap sedia untuk membagi dan mentransfer ilmu kepada anak didiknya.

Setiap pagi kepala sekolah (kepsek) dan guru yang bertugas untuk menyambut kedatangan siswa dan bergantian tiap harinya, guru yang bertugas harus sudah berada di pintu gerbang sejak pukul 07.10 WIB. Disamping menyambut siswa dengan senyum, sapa, dan salam juga diguanakan untuk memotivasi para siswa agar  giat dan tekun dalam belajar.

Memantau kedisiplinan dan kerapian siswa dalam berpakaian juga sekaligus dilakasanakan dalam penyambutan siswa ini, bila ada anak yang kurang rapi dalam berpakaian atau kurang lengkap mengenakan atribut sekolah guru akan langsung menegur atau merapikannya.

“Alhamdulillah kegiatan sambut siswa ini telah menjadi rutinitas guru dan menjadi salah satu ciri khas SMP Negeri 1 Masamba. Semoga para guru diberikan kemudahan dan kesehatan dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari, sehingga anak-anak generasi penerus bangsa mendapatkan bekal yang cukup untuk masa depan,” kata Asbul kepada Media ini (6/8/2019)

Diketahui, SMP Negeri 1 Masamba salasatu sekolah model rujukan dan juga sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Luwu Utara yang terletak di Jalan Andi Djemma, Kelurahan Bone Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

(jus/hamsul)

Komentar

News Feed