oleh

Mantab, 253 KK Dapat Hunian Layak di Toraja Utara

TORAJA UTARA – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Toraja Utara, Ir. Daniel Tandi, MT, mengatakan jumlah penerima bantuan dana pembangunan Rumah Layak Huni yang mendapatkan bantuan berjumlah 138 dari 253 KK akhir Juli 2019 kemarin telah cair.

Pada tahun 2019 ini, Kabupaten Toraja Utara mendapat bantuan program pengentasan kemiskinan berupa bantuan dana pembangunan rumah layak huni kepada 253 Kepala Keluarga (KK) bantuan tersebut masing-masing 100 (KK) melalui APBN dan 153 KK melalui dana Transfer Daerah DAK 2019.

Selain itu, khusus yang bersumber dari APBN untuk 100 KK, pencarian sudah 100 %. Sedangkan yang bersumber dari DAK phisik untuk 153 KK pencairannya baru 25 % atau 38 KK pencairannya akan dilakukan secara bertahap.

“Bantuan rumah layak huni melalui APBN pencariannya langsung dari pusat ke rekening penerima bantuan. Sedangkan bantuan yang bersumber dari dana transfer Daerah (DAK) Phisik perumahan dananya di tangani DPPKAD Toraja Utara yang juga ditransfer lansung ke nomor rekening masing-masing penerima bantuan,” jelas Daniel Tandi, Jum’at (9/8/2019).

Daniel juga menjelaskan tahun 2018 telah dibangun 1 (satu) unit Rumah Susun di Kecamatan Tondon dengan Kapasitas 70 petak dimana setiap petak terdiri dari dua kamar tidur dilengkapi kamar mandi/toilet dan Dapur.

“Rumah Susun ini diperuntukan bagi masyarakat yg belum memiliki rumah dengan sistim sewa. Rumah susun ini segera difungsikan setelah dibuat regulasi tentang sewa menyewa dan yang dipercayakan untuk mengelola rumah susun tersebut,” jelasnya.

Arlyn | Toraja Utara

Komentar

News Feed