oleh

Satpol PP Torut “Obrak-Abrik” Bangunan Di Bantaran Sungai Kramat

TORAJA UTARA – Pemda Torut, melalui instansi terkait telah mengeluarkan himbauan bagi warga yang memliki bagunan di sempadam sungai agar segera membongkar dan pindah dari lokasi.

Tapi warga di bantaran sungai Lembah Krama tidak memperdulikan pesan dan himbauan tersebut.

Personil gabungan TNI-POLRI Satpol PP Torut siang tadi, kembali melakukan penertiban bangunan yang berada bantaran sungai di lembah Krama.

Pada saat pelaksanaan penertiban bangunan bantaran sungai. Sempat terjadi ketegangan dan aksi bakar ban dari warga yang tidak menerima bangunannya di bongkar paksa.

Terkait hal itu sejumlah warga ada yang menangapi positif dan ada pula geram atas penertiban bangunan tersebut.

Menurut sumber yang layak dipercaya penertiban yang dilakukannya itu terkesan tebang pilih.

Menanggapi hal itu, Kasat Satpol PP Torut, Komandan Kompi Andarias Sesa, saat dihubungi petan ini. Ia menjelaskan bahwa penertiban bantaran sungai di lembah Kramat itu sudah sesuai prosedur dan mekanisme.

” Saya Jelaskan Pak. Kami mewakili Pemda Torut, hanya menjalankan tugas dan ini bukan karena adanya faktor X. Tapi ini perintah UU maka dari itu, kita lakukan dengan rasa tanggung jawab. Dan juga, itukan sudah dari tahun lalu kami ingatkan tapi warga yang bermukim disekitar bantaran sungai tidak menghiraukan himbauan dari pihak Pemda Torut,” imbuhnya

Saat dihubungi petang ini melalui sambungan telepon selulernya, Selasa (13/8/2019).

Untuk itu kata dia, penertiban bangunan bantaran sungai sudah sering kali diingatkan tapi warga tetap saja bertahan dan bertempat tinggal di pinggiran sungai lembah Krama sekalipun itu sudah nyata melanggar aturan.

“Jangan salahkan siapa-siapa itu bukan kehendak kami. Bertindak membongkar bagunan tersebut. Bayangkan saja pak. Saya pribadi punya sepupu (Keluarga), yang tinggal di pinggiran sungai lembah Krama,.. tapi tak ada kompensasi tetap kita gusur. Yang namanya aturan tidak mengenal keluarga,” tandasnya.

Arlin | Toraja Utara

Komentar

News Feed