oleh

Ini Alasan Putra Pemangku Adat To Taipa Di Panggil Ke Istana Negara

LUWU TIMUR || Karena beberapa prestasi yang ditorehkannya, baik itu di tingkat Kabupaten, hingga ke tingkat Nasional, Putra Pemangku Adat To Taipa, yang juga merupakan Kepala Desa Sorowako, Jihaddin Peruge, diundang ke Istana Negara untuk menghadiri puncak upacara HUT RI ke 74, di Jakarta (17/8/19) Sabtu.

Ayah dari 4 orang anak ini, merupakan salah satu Kepala Desa yang inovatif, kreatif, dan transparansi dalam hal pengelolaan dana desa, serta mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakatnya, menurut hasil penilaian para juri.

Hal itu dibuktikan, dengan keberhasilan Desa Sorowako menjadi juara 1 (satu) pada ajang lomba inovasi Desa, baik di tingkat Kabupaten hingga ke tingkat Nasional yang diselenggarakan pada July lalu.

Beberapa inovasi yang dilakukannya, antara lain pelayanan malam, pelayanan ke dusun-dusun, transparansi kegiatan, Sorowako kampung mengaji, pemanfaatan dana desa taman iniaku, inovasi kegiatan BumDes, dan gerakan Ayo BeiBeh_Berani Bersih Hebat, Lingkungan Pesisir.

Dari hasil inovasi tersebut, Jihaddin Peruge bersama Pemdes Sorowako berhasil mengharumkan dan membawa nama Kabupaten Luwu Timur ke tingkat nasional, khususnya Desa Sorowako, serta di undang khusus untuk menghadiri puncak perayaan proklamasi HUT RI yang ke 74 di Istana Negara, Jakarta (17/8).

Sebelum menjabat sebagai Kepala Desa Sorowako, lelaki yang akrab disapa Lau Jiha ini merupakan salah satu aktivis dan pegiat sosial yang ada di Sorowako. Lahir dari pribadi yang sederhana namun memiliki karakter yang tegas, Lau Jiha mampu menghilangkan paradigma kepada masyarakat, bahwa Desa Sorowako mampu secara perlahan lepas dari ketergantungan ekonomi terhadap PT. Vale Indonesia.

Dari tangan dinginnya, Kepala Desa yang baru menjabat kurang lebih 3 tahun ini, secara bertahap melakukan beberapa perbaikan administrasi desa, dan berkolaborasi dengan para pemuda kreatif di Sorowako. Alhasil, saat ini Pemerintah Desa Sorowako secara perlahan menuju Desa yang mandiri dan menjadi salah satu tujuan wisata modern yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Saat dimintai tanggapan via phone, Lau Jiha mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat Luwu Timur atas dukungan dan doa’nya, sehingga kami mampu memberikan yang terbaik dan dapat mengharumkan nama Luwu Timur di tingkat Nasional.

“Kami ucapkan banyak terima kasih, khususnya kepada seluruh masyarakat Desa Sorowako, dan Luwu Timur secara umum, atas doa dan dukungannya kepada kami. Terkhusus kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur atas bimbingan serta support yang sangat luar biasa, sehingga kami mampu memberikan yang terbaik untuk masyarakat Luwu Timur,” ungkapnya.

Lau Jiha juga menambahkan, prestasi ini adalah prestasi kita bersama sebagai masyarakat Luwu Timur, dan kita berharap capaian ini merupakan motivasi dan cambukan buat kita untuk terus berusaha, menjaga dan merawat daerah kita sehingga menjadi lebih baik kedepan, serta mencapai visi misi Kabupaten Luwu Timur “Terkemuka 2021”, harapnya. (Arif Tella)

Komentar

News Feed