oleh

Terima Kasih! Dewan Lutra Setuju APBD-P 2019

LUWU UTARA — Akhirnya DPRD Kabupaten Luwu Utara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lutra tentang Perubahan APBD TA 2019.

Persetujuan tersebut di tuangkan dalam penanda tangan surat keputusan bersama, antara Wakil Bupati Lutra Muh Thahar Rum, Ketua DPRD Lutra H.Mahfud Yunus, Wakil Ketua Rahmat Laguni dan Wakil Ketua Andi Sukma, di hadapan anggota dan undangan yang menghadiri rapat paripurna. Kamis (22 Agustus 2019.

Bupati Lutra diwakili Wakil Bupati Thahar Rum dalam pendapat akhirnya dihadapan rapat paripurna mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Lutra yang telah bekerja, sehingga ranperda APBD Perubahan yang di ajukan dapat di setujui untuk di jadikan peraturan daerah Kabupaten Lutra.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini (22/8), merupakan salah satu bentuk pelaksanaan amanah, pengabdian dan tanggung jawab kepada Tuhan, masyarakat, Bangsa dan Negara. Semoga perubahan APBD kabupaten Lutra tahun anggaran 2019 yang kita setujui bersama, benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang yang kita cintai,” tutur Wakil Bupati Lutra.

Thahar Rum melanjutkan, Sebagaimana kita ketahui bersama, APBD sebagai suatu dokumen keuangan daerah, bersifat dinamis karena mengikuti perkembangan kehidupan daerah yang sedang terjadi. Dengan demikian APBD sangat dimungkinkan mengalami perubahan, yang secara yuridis formal tertuang dalam dokumen perubahan APBD. Mekanisme penyusunan perubahan APBD harus mengacu pada nota kesepakatan mengenai kebijakan umum perubahan APBD atau KUA, dan nota kesepakatan prioritas plafon anggaran sementara atau PPAS.

“Secara Substantif, perubahan APBD bukanlah merupakan perubahan menyeluruh terhadap kebijakan anggaran yang telah disepakati, tetapi lebih merupakan penguatan, terhadap kebijakan-kebijakan yang telah ada sebelumnya. Dengan demikian, perubahan APBD lebih mengarah pada penambahan atau penyesuaian terhadap rencana penerimaan daerah, dan rencana penyesuaian atau penambahan alokasi dana belanja, pada kegiatan-kegiatan tertentu yang sebelumnya tidak mampu terdukung secara optimal, serta penganggaran beberapa kegiatan dan program baru, yang tidak dapat diakomodir pada APBD murni”jelas Tahar.

Berdasarkan pemahaman tersebut, kata Tahar, APBD Kabupaten Lutra tahun anggaran 2019 juga mengalami perubahan, sehingga sesuai aturan yang berlaku harus dibahas antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Lutra.

Dalam semua pembahasan tersebut, telah muncul berbagai pertanyaan, pendapat, kritikan dan diskusi yang konstruktif dalam rangka penyempurnaan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD dimaksud.

“Kemarin sampai tadi malam kita saksikan bersama, telah dilakukan penyampaian laporan gabungan komisi dan permintaan persetujuan anggota DPRD, yang akhirnya semua anggota DPRD secara bulat menyetujui ranperda perubahan APBD tahun anggaran 2019. Oleh karena itu, atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lutra, yang telah bersedia melaksanakan pembahasan secara objektif dan mendalam terhadap ranperda perubahan APBD tahun 2019, sehingga berjalan dengan baik ini,” pungkas Thahar Rum.

(Hamsul)

Komentar

News Feed