oleh

Jago Merah Lalap Rumah Warga di Sesean

TORAJA UTARA |Musibah kebakaran melanda di Lembang
Buntu Lobo Kec. Sesean Kab. Toraja Utara, tepatnya di tongkonan To’ buangin dusun tangdanun. Sabtu ( 24/08/2019).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 wita, akibatnya warga ( korban kebakaran ) mengalami kepanikan.

Dapati laporan warga, personil Polsek Sesean Polres Tator segera menuju ke TKP kebakaran.

Di TKP, Bhabinkamtibmas bersama Personil Polsek Sesean yang dipimpin oleh Ps Ka Humas polsek sesean Bripka Victor bersama masyarakat dan Pemadam kebakaran saling membantu memadamkan api yang membakar rumah dan lumbung warga, juga mengarahkan warga agar menyingkirkan puing-puing kayu agar kebakaran tidak meluas kerumah warga lainnya.

Informasi yang diperoleh, adapun rumah yang terbakar yakni 1 Rumah panggung milik Maria Rero, 70 thun, 1 rumah Tongkonan to’buangin yg terbakar pada bagian atap depan dan 6 lumbung padi milik warga setempat.

Menurut keterangan saksi lel. Yulius, sekitar pukul 08.00 wita bahwa melihat kobaran api menyala diatas plafon rumah milik per. Maria Rero dan kemudian api merambat ke lumbung padi yg berdekatan dengan rumah terbakar dan menjalar kerumah tongkonan to’ Buangin.

Tidak lama berselang kemudian, 5 unit mobil Damkar pemda kab. Torut tiba dilokasi kebakaran. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 wita

Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materi diperkirakan sekitar Rp 850.000.000,- (delapan ratus lima puluh juta rupiah).

Dugaan sementara, penyebab terjadinya kebakaran dikarenakan adanya hubungan arus pendek listrik diatas rumah.

Sebagai informasi, disalah satu rumah panggung yang habis terbakar terdapat jasad Alm. NE GUSTI yang disemayamkan yang rencananya baru akan dipestakan pada akhir tahun 2019.

Api berhasil dipadamkan berkat kerja keras dan kepedulian bersama, namun
peristiwa kebakaran ini pastinya menyisakan kedukaan dan trauma yang mendalam bagi korban korban pemilik rumah.

Untuk itu, Polres Tana Toraja sebagai bagian dari institusi Polri pengayom masyarakat menghimbau kepada segenap warga kab. Tana Toraja dan Toraja Utara untuk menjadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran berharga, bersikap hati hati dan tidak lalai dalam menjaga rumah sendiri, pastikan tidak ada hal hal yang dapat mengakibatkan kebakaran terjadi.

Arlin | Toraja Utara

Komentar

News Feed