oleh

Phinisi Smakara’ Berlabuh di Anjungan Losari

MAKASSAR | Sebuah perahu Phinisi berukuran besar dengan branding logo Persaudaraan Alumni Smakara (PAS) dan tema acara ‘Hello Alumni Smakara’ di dua layar utama serta sub tema ‘Kita Reuni & Satu Dalam Persaudaraan – Reuni Akbar Alumni SMA Katolik Rajawali (Smakara) Makassar di lambung kapal tradisional khas suku Bugis-Makassar, berlabuh di dermaga depan Anjungan Pantai Losari, Sabtu (24/08/2019) pagi sekitar pukul 06.30 Wita.

Diatas perahu ‘Phinisi Smakara’ ini, tampak sejumlah perwakilan alumni lintas angkatan Smakara melambai-lambaikan tangannya sambil diiringi musik tradisional yang dimainkan 3 (tiga) personil Gendang Pakanjara dari Sanggar Sejati. Sementara di pelataran Anjungan Pantai losari hingga di bibir dermaga ribuan alumni Smakara berseragam kaos putih dengan desain logo Reuni Akbar 2019 dan tulisan angka tahun kelulusan alumni, menyambut histeris dan penuh kegembiraan serta sukacita yang meluap-luap.

Perjalanan perahu ‘Phinisi Smakara’ yang mulai start dari dermaga belakang Swissbell Hotel dan berlayar menuju ke dermaga depan Anjungan Pantai Losari seakan bermakna suatu perjalanan panjang mengarungi masa ke masa yang penuh gelombang suka dan duka dari sebuah institusi pendidikan Smakara selama 65 tahun dalam mendidik siswa-siswinya dan melahirkan alumni-alumni berkualitas yang kini meraih sukses di berbagai bidang profesi dan kehidupan mereka di muka bumi ini.

Kedatangan perahu ‘Phinisi Smakara’ sebagai pertanda dimulainya rangkaian kegiatan Reuni Akbar 2019 Alumni Smakara dan peringatan 65 Tahun Smakara semakin berkesan kolosal tatkala raungan suara sirine menggelegar dan ratusan balon warna-warni dari Gaby Balon dilepas serentak ke udara yang kemudian disusul pengibaran bendera start oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) PAS, Ir. Hj. Takudaeng Parawansa yang secara resmi pula melepas peserta Fun Bike (Sepeda Santai) dan Fun Walk (Jalan Santai).

Usai resmi dilepas, seluruh alumni lintas angkatan Smakara maupun siswa-siswi serta guru-guru Smakara yang mengikuti kegiatan Sepeda Santai dan Jalan Santai bergerak meninggalkan area pelataran Anjungan Pantai Losari dan selanjutnya menelusuri jalan-jalan yang telah ditetapkan panitia dengan mendapatkan pengawalan petugas Satlantas Polrestabes Makassar dan Tim Marshal yang disiapkan pihak Event Ogranizer (EO) bersiaga di sejumlah jalur jalan yang dilalui peserta.

Seluruh peserta Sepeda Sehat dan Jalan Sehat finish kembali di pelataran Anjungan Pantai Losari yang disambut oleh Kepala Sekolah SMA Katolik Rajawali Makassar, Suster Leonie Taroreh, SJMJ bersama sejumlah guru dan Ketua OSIS Smakara 2019-2020, Clarissa Dimentieva beserta pengurus lainnya yang sudah menunggu di tenda-tenda tamu VIP dan dihibur penampilan Toxic Band diatas panggung utama serta sejumlah petugas EO dan panitia membagi-bagikan air mineral hingga aneka kue di tenda jajanan pasar.

Kemeriahan suasana semakin menjadi-jadi saat sebuah nasi tumpeng berukuran besar diusung ke atas panggung untuk merayakan 65 tahun Smakara.

Kepala Sekolah Smakara Suster Leonie Taroreh bersama Ketua Umum PP PAS Ir. Hj. Takudaeng Parawansa, Ketua Panitia Reuni Akbar 2019 Melia Livita Lilingpadang dan beberapa perwakilan alumni didaulat naik ke panggung untuk melakukan prosesi pemotongan nasi tumpeng yang diawali dengan pembacaan doa.

Selesai itu, para alumni dengan angkatannya masing-masing secara bergiliran diberi kesempatan berfoto diatas perahu ‘Phinisi Smakara’ dan dilanjutkan Senam Sehat yang dipandu oleh Instruktur Line Dance.

Kegiatan olahraga pagi ini berakhir sekitar pukul 10.00 Wita dan seluruh alumni dengan angkatannya masing-masing membubarkan diri meninggalkan area pelataran Anjungan Pantai Losari serta mengikuti acara lanjutan yang dikemas setiap angkatan di berbagai tempat berbeda.

Sekadar diketahui, ribuan alumni lintas angkatan yang terdaftar di panitia sebagai peserta Reuni Akbar 2019 ini selain alumni yang berdomisili di Kota Makassar dan daerah kabupaten di Sulsel dan Sulbar, ratusan alumni diantaranya datang dari kota-kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Balikpapan, Nunukan, Kupang, Bangkalan Madura, Manokwari, Nabire, Jayapura, Manokwari, Nabire, Luwuk, Palu, Manado, Gorontalo, Kendari, Morowali, Luwuk, Dobo, Masohi dan lainnya.

Bahkan dari data registrasi yang ada di panitia, puluhan alumni lintas angkatan Smakara juga datang dari luar negeri, diantaranya Beijing Tiongkok, Taiwan, Selandia Baru, Australia, Swiss, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Jerman, Singapura, Swedi dan Bangladesh. Para alumni yang terdaftar mengikuti kegiatan Reuni Akbar 2019 ini mulai dari alumni angkatan 1960 hingga yang termuda alumni angkatan 2018. ( JW)

Komentar

News Feed