oleh

Kadis Kominfo Sebut 2020 Pemkab Bulukumba Masuki Era Digital

MATARAKYATMU.- Satu inovasi yang dilakukan jajaran Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bulukumba, yaitu menjadikan Dinas tersebut sebagai Pusat Data Informasi ( PASTIMI ) yang mulai disosialisasikan, Rabu (27/8) malam di halaman kantor Kominfo Bulukumba.

Sosialisasi PASTIMI dipimpin Kadis Kominfo Bulukumba Rudi Ramlan, didampingi para Kasubdin, dipandu penyiar handal SPL Bulukumba Syaiful Arif Subarkah, dihadiri Kadis Bapenda A.Sufardiman, awak media dan Kepala Sub Program OPD.

Menurut Rudi Ramlan, mulai tahun 2020 sistem pemerintahan akan berbasis elektronik, dan hal tersebut sekaligus menjadi tantangan, termasuk kemampuan OPD dalam mengintegrasikan datanya ke Pusat Data Informasi.

” Kedepan Bulukumba akan memiliki Pastimi dan akan menjadi tanggung jawab Pemkab Bulukumba, memberikan akses data dan informasi kepada masyarakat, sebab selama ini ada kesimpang siuran data di OPD,” papar Rudi sambil menyebut sosialisasi PASTIMI ini merupakan proyek perubahan dia.

Menuutnya, Pusat Data dan Informasi ini akan dibutuhkan Pemkab dalam pengambilan kebijakan pembangunan, sekaligus kerja kerja pada OPD bisa lebih ringan dengan hadirnya pusat data.

Makanya pada kegiatan sosialisasi PASTIMI ini, pihak Kominfo mengundang pejabat yang menangani Program di OPD, dengan harapan data dan informasi dari OPD nantinya akan terintegrasi dengan PASTIMI yang ada di kantor Dinas Kominfo Bulukumba. ” Jadi tahun 2020 mendatang, semua OPD harus siap menghadapi era digitalisasi dan Bulukumba akan memiliki Bank Data melalui PASTIMI,” terang Rudi sambil berjanji dia akan terus membangun komunikasi dengan para kepala OPD terkait program PASTIMI ini.

Pada kesempatan itu, pemandu acara membuka sesi diskusi dan sejumlah peserta sosialisasi tampil menyampaikan pertanyaan dan saran, termasuk diantaranya Suparman dari Radar Selatan, Ahmad Algazali dari komisioner KIP beberapa tahun lalu. Dan sebelumnya Kabid. Penyelenggaraan E-goverment Mulyadi Gani, SE, Kabid. Hubungan Media dan Layanan Informatika Syarifuddin Anwar, S.Kom. M.Si dan Kabid. Pengelolaan Layanan Informasi Publik Andika Musdar, SIP ikut menyampaikan informasi terkait dengan masing masing tugasnya.Dan
ada pula pejabat yang menangani Program pada Dinas Pariwisata dan Dinas Kelautan dan Perikanan, termasuk pula tim IT Dinas Kominfo Ashari tampil memperkenalkan web Bulukumba.go.id yang bisa diakses publik.- Suaedy.-

Komentar

News Feed