oleh

Akademi Teknik Sorowako Wisuda 85 Lulusan Terbaik, Ini Pesan Prof. Jasruddin

MATARAKYATMU || Sebanyak 85 alumni Akademi Teknik Sorowako (ATS) mendapatkan gelar Sarjana pada sidang terbuka ATS dalam rangka wisuda lulusan program diploma 3 tahun 2018-2019 yang diadakan di gedung Oentaeluwu, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sabtu (12/10/19).

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Luwu Timur, yang diwakili Asisten II Bidang Pemerintahan, H. Budiman, Ketua DPRD Lutim, Kepala LLDIKTI wilayah 9 Sulawesi dan Gorontalo, para kadis, ketua pembina YPS sekaligus managemen PT Vale, anggota senat ATS, pengurus ikatan alumni dan seluruh alumni ATS, segenap dosen, instruktur, serta orang tua dan para tamu undangan.

Direktur Akademi Teknik Sorowako (ATS) Harjuma S.ST. MH., Memaparkan tentang beberapa prestasi para mahasiswa ATS yang berhasil mendapatkan penghargaan dibidang penelitian yang sekiranya berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

Yang tentunya sebagai prestasi yang dapat membanggakan para mahasiswa yang melaksanakan pendidikan sekitar 30% waktu pembelajaran teori dan sekitar 70% waktu praktikum dan kerja industri dengan total 115 SKS.

Disamping itu, dirinya juga mengatakan kalau hingga wisuda tahun ini maka total lulusan ATS sampai hari ini berjumlah 1.222 alumni. Yang mana data pada pengelola alumni menunjukkan bahwa jumlah lulusan hingga 2018 yang dipastikan telah bekerja adalah 92,6% dan 7,4% belum diketahui.

Diterangkannya, selain via pembelajaran, dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, ATS juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang disingkat LPPM ATS.

Untuk tahun akademik 2018-2019 bidang penelitian ATS telah menghasilkan 28 judul penelitian dengan tingkat partisipasi dosen 91%. Diantaranya 6 judul telah dipublikasikan pada jurnal nasional pada tahun 2019, 3 judul merupakan penelitian yang lulus seleksi dan mendapatkan hibah dari Dikti pada tahun 2019, 13 judul telah di persentase kan pada seminar nasional saat ATS menjadi co-host di universitas Cokroaminoto Palopo pada 2018, 6 judul telah dipresentasikan pada seminar internasional saat ATS menjadi co-host di Uncok Palopo pada 13-14 September 2019.

Terlihat Para Tamu Undangan Yang Hadir Pada Acara Wisuda Ke 26 Akademi Teknik Sorowako

Untuk itu, Direktur ATS berterima kasih kepada para wisudawan-wisudawati atas upaya keras yang membuahkan hasil sehingga memperoleh gelar Ahli Madya teknik jurusan teknik mesin yang merupakan akhir dari program ATS.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras adik-adik sekalian sehingga bisa meraih gelar yang diimpikan, untuk itu kami sampaikan selamat dan bangga kami. Selain itu kami berharap kalian dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan kalian dalam bentuk karya nyata, baik diindustri dimasyarakat dengan mengedepankan kualitas, kejujuran, dan kedisiplinan yang telah kalian bangun selama ini,” ucap Harjuma. S. ST. MH.

Dilain pihak, ketua dewan pembina YPS dan ATS yang juga mewakili PT Vale tbk. Berharap agar ATS sebagai bagian dari PT Vale melalui bidang pendidikan untuk bisa berkontribusi lebih dan lebih lagi setiap tahunnya. Karena PT Vale memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat sekitar wilayah tambang. Karena visi PT Vale adalah mengelola pemberdayaan alam untuk menciptakan kemakmuran dan pembangunan yang berkelanjutan.

Budiman yang mewakili Bupati Luwu Timur membenarkan kalau selama tahun 2006 pemerintah dan PT Vale telah bekerja sama yang anggarannya disetujui oleh DPRD, jadi sejak 2006 kerjasama pelatihan hingga sekarang. Dan inilah kerja sama terlama dengan perguruan tinggi, terkait anggaran pemerintah maupun ATS itu sendiri.

Sementara itu, kepala LLDIKTI wilayah 9 Sulawesi dan Gorontalo. Prof. Dr. Jasruddin, M.Si., sangat mengharapkan kepada pemerintah daerah agar bisa membantu perbaikan di perguruan tinggi yang ada diLuwu Timur seperti Akademi Teknik Sorowako yang kualitasnya bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi besar yang berskala nasional.

Prof. Jas, selain memberikan banyak masukan kepada para wisudawan yang hadir, dirinya juga berpesan agar tetap mempertahankan kejujuran dan kedisiplinan.

“Karena kunci sukses yang paling utama adalah kejujuran. Sebab, jangan mengharapkan kesuksesan ketika anda pada posisi membohongi diri sendiri, karena ketika diri kita sendiri kita khianati, bagaimana mungkin kita akan jujur kepada orang lain. (R.R)

Komentar

News Feed