oleh

Ini Penjelasan PT. CLM Terkait Limpahan Ore Yang Terbuang Ke Laut 

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || PT. Citra Lampia Mandiri memberi klarifikasi terkait jebolnya dinding kapal ponton Taurus 11 pada hari Jum’at (21/20) sore, yang menyebabkan sejumlah ore (nickel) sebanyak 7-8 Ton terbuang ke Laut, di Desa Harapan, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sabtu (22/20) Sore.

Hal itu diutarakan Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. CLM, Ahmad Surana Naf dalam press rilisnya sore kemarin (22/20). Dijelaskan Ahmad, dari hasil investigasi lapangan, ditemukan bahwa dinding ponton tersebut jebol pada hari Jum’at (21/02/20) sekitar pukul 14.50, di lokasi jetty milik PT. Citra Lampia Mandiri.

“Kejadian tersebut merupakan force majeure atau diluar kemampuan manusia. Dan bisa disimpulkan bahwa, kejadian itu bukan karena kelebihan muatan atau over capacity, sebab kapasitas ponton idealnya ± 11.000 MT, sedangkan yang masih sementara terisi sekitar ± 9.801,85 MT,” ujar Ahmad.

Selanjutnya, upaya yang kami lakukan adalah mengisolasi dan memindahkan ore yang ada di ponton Taurus 11, kemudian untuk meminimalisir dampak dari tumpahan ore yang akan terjadi, ponton tersebut ditutupi dengan terpal karena intensitas hujan yang cukup tinggi, tutur Ahmad.

Dan tidak sampai disitu saja kata Ahmad, selanjutnya kami PT. Citra Lampia Mandiri akan memutuskan kontrak kerja sama dengan pemilik tongkang/ponton tersebut sebagai tindak lanjut dan bentuk tanggung jawab kami, tutupnya.

Terkait dampak lingkungan, Kabid Penataan DLH Lutim, Nasir DJ mengungkapkan bahwa perairan laut sekitar jetty masih mampu merecovery zat pencemar ore nikel yang masuk ke laut, atau kata lain masih mampu menetralisir buangan ore nikel tersebut dalam jangka waktu 60 menit kejadian, kondisi perairan laut lampia normal kembali, Ungkapnya.

Untuk langkah lebih lanjut, pihak DLH Lutim akan memanggil pihak PT. CLM dan pemilik kapal tongkang Taurus 11, untuk menjelaskan kronologis kejadian serta langkah apa yang telah dilakukan oleh pihak perusahaan setelah kejadian tersebut, tutup Nasir. (A.T)

Komentar

News Feed