oleh

Tim KIR SMAN 1 Bulukumba Juara Favorit ISPO 2020 di Tangerang Selatan

MATARAKYATMU- Tim Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Bulukumba kembali menambah daftar prestasi Nasional di bidang karya tulis ilmiah. Kali ini berhasil mempersembahkan juara favorit diajang lomba Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) yang dihelat di Tangerang Selatan, 20-24 Februari 2020.

Pembina KIR SMA 1 Bulukumba Arif Kusmianto menyampaikan, ISPO (Indonesian Science Project Olympiad) merupakan ajang tahunan olimpiade proyek penelitian yang diperuntukan bagi para pelajar SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.

Menurutnya, prosedur lomba adalah dengan mengirimkan karya tulis kepada panitia, kemudian panitia menyeleksi naskah terbaik sebagai finalis.

” Tahun ini tercatat 1.258 kelompok yang mengirim karya tulis kepada panitia ISPO dan 132 kelompok yang masuk finalis. Dari presentasi para finalis dengan menggunakan bahasa Inggris, tim juri menentukan juara 1, 2, 3, dan juara favorit. Juara favorit ditentukan berdasarkan kemampuan presentasi dan pameran ¬†yang divote¬†oleh para pendamping dan pengunjung,” jelas Arif.

Dijelaskan, siswa yang tergabung pada kelompok KIR SMAN 1 Bulukumba, adalah Aulia Mulhlisa Zais dan Zulfadila Regita Ardian. Keduanya siswa kelas X MIPA 1 dengan memilih judul BELAJAR (Beras Talas Belitung dan Ubi Jalar) sebagai Beras Analog Untuk Mengatasi dan Mengurangi Jumlah Penderita Diabetes Mellitus.

Kepala SMAN 1 Bulukumba Rusli Umar kepada media ini mengaku, sangat senang dan bangga atas prestasi yang ditorehkan anak didiknya. ” Alhamdulillah peserta didik kami ternyata luar biasa, penuh semangat dan sukses meraih juara favorit ditingkat Nasional. Kedepannya mudah mudahan peserta didik kami lebih termotivasi untuk berkarya lagi dan KIR SMAN 1 Bulukumba semakin berjaya,” ujarnya.- Suaedy.-

Komentar

News Feed