oleh

Fashar Berpeluang Gantikan NH di Sulsel

Andi Fahsar Padjalangi (AFP), sangat relefan dengan tuntutan situasi politik Sulsel dan nasional.

Matarakyatmu  | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golongan Karya (Golkar) Sulsel, sepertinya akan segera berlangsung. Isyararat Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat hadir di Makassar, pekan kemarin menjadi indikasi Musda akan segera dilaksanakan.

Ketua Pusat Kajian Sosial Politik dan Pemilu, Fisip Universitas Indonesia Timur (UIT), Andi Azhar Aljurida, S.IP. M.Adm.Pemb. mengatakan “Figur seperti Andi Fahsar Padjalangi (AFP), sangat relefan dengan tuntutan situasi politik Sulsel dan nasional dewasa ini,” ujarnya. Ditemui di Kampusnya, Selasa 10 Maret 2020.

Kandidat doktor administrasi negara itu menyebutkan, selain berpengalaman memimpin pemerintahan, AFP juga berkategori kader senior Golkar, yang selama ini dikenal familiar dan diterima banyak kalangan. “Beliau bahkan diminta berceramah di sejumlah perguruan tinggi, sampai ke Papua,” ujar Azhar.

Indikasi lain ujar Azhar, AFP relatif jauh dari terpaan isu tidak sedap, terkait keberpihakan. “Sejauh amatan kami figur AFP, tak riuh digunjing orang. Bahkan punya prestasi banyak di Bone, namun tak terlihat euforia di berita,” paparnya.

Sumber di internal Golkar, menyebutkan setidaknya ada 3-4 orang yang diprediksikan bakal masuk dalam bursa, namun semua diukur dan ditakar dalam ruang prestasi yang ketat. “Kalau pak Andi Fahsar, kami nilai beliau memiliki karakter kepemimpinan yang mengakar pada budaya Bugis-Makassar, sipakatau, sipakalebbi,” ujar sumber yang dikenal sangat dekat dengan ketua sekarang Nurdin Halid.

“Kita masih harus menunggu arus politik yang berputar di internal Golkar, tetapi saya yakin AFP tidak memiliki resisten dengan pak NH, beliau sangat terlihat akrab,” ujar politisi beringin yang enggan dimediakan identitasnya.

Sebelumnya sejumlah pengamat menyebutkan AFP akan berhadapan dengan pesaing yang juga kepala daerah, namun AFP tidak sedikitpun mengeluarkan komentar terkait rumor yang menyebutkan dirinya berpeluang pimpin Golkar Sulsel.

Dua pekan sebelumnya AFP pernah diberitakan mengeluarkan pernyataan “Saya menunggu arahan, jika diminta sebagai kader saya akan siap menjalankan amanah partai”. Pernyataan ini ditafsirkan AFP sesungguhnya sudah siap, tergantung mekanisme yang akan berkembang di internal beringin.

Golkar adalah partai terkuat di Sulsel, bahkan kawasan Indonesia timur. Partai beringin selalu menempati urutan papan atas perolehan suara saat pemilu, bahkan pasca orde baru.(*)

Komentar

News Feed