oleh

Pendamping Desa Ini Harap Setiap Desa Maksimalkan Himbauan Dari Kemendes

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || Salah satu bentuk upaya Desa untuk meredam penyebaran COVID -19 adalah dengan membuat Tim Relawan Covid-19 serta pos jaga Desa di setiap pintu akses utama masuk ke Pemerintahan Desa .

Pembentukan ini merupakan surat edaran dari Menteri Desa pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Nomor 8 Tahun 2020, Tentang Desa Tanggap COVID-19 Dan Penegasan Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) .

“Harapakan Kami, Posko relawan yang didirikan di setiap desa dapat berfungsi dengan maksimal untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19. Mengingat Luwu Timur masuk dalam Zona Merah hasil Pantauan Tim Khusus yang ada di Provinsi,” ujar Yahyuddin salah satu pendamping Desa Lokal di Kecamatan Malili .

Menurutnya, hal ini juga merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kemendesa Nomor 8 tahun 2020. Dalam surat edaran tsb ada 2 poin penting yang harus ditindaklanjuti oleh pemdes, yaitu pelaksanaan PKTD dan Penanganan Covid-19, jelasnya .

Lebih lanjut Yahyuddin mengatakan, dalam surat edaran juga memerintahkan agar desa membentuk Tim Relawan Lawan Covid-19 dan membuat Posko Posko terpadu sebagai sumber informasi untuk mendata warga Desa yang masuk ke desa dan berasal dari luar daerah yang masuk dalam daerah zona merah atau ada yang positif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid test dan Swab Test, ujar Yahyuddin .

Kami juga meminta partisipasi dan kerjasama masyarakat desa agar mengikuti himbauan yg di keluarkan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini, tutupnya . (AjR)

Komentar

News Feed