oleh

Boleh Sholat Ied di Mesjid, Asal Mematuhi Protokol Kesehatan

MATARAKYATMU.- Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama Unsur Kementerian Agama, Ormas Islam dan Pengurus Masjid di Kabupaten Bulukumba menyepakati untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah terkait pencegahan penularan wabah Pandemi Covid-19.

Himbauan tersebut ditujukan kepada ummat muslim untuk melaksanakan sholat Ied di rumah masing-masing.
Namun demikian jika ummat muslim tetap berkeras untuk sholat di masjid-masjid , maka harus dipastikan bahwa pengurus masjid dapat melaksanakan protokol kesehatan.

Bupati Bulukumba A.M. Sukri A. Sappewali menyampaikan himbauan tersebut saat memimpin rapat di Kantor Bupati.

Keputusan himbauan tersebut dapat menjadi pegangan dalam pelaksanaan sholat hari raya idul Fitri 1441 Hijriah ditengah Pandemi Covid-19.

Untuk pelaksanaan takbiran, masjid-masjid diharapkan menggunakan soundsystem dan dilakukan terbatas oleh pengurus masjid masing-masing.

” Jika perlu takbir dikumandangkan hingga pagi, ” terang Bupati.

Terkait protokol kesehatan Jubir Gugus Tugas Covid-19 H. Daud Kahal menyampaikan, pengurus masjid diminta untuk menyiapkan sarana cuci tangan dan hand sanitizer.

” Menghimbau jamaah untuk menggunakan masker, jaga jarak dan menghindari untuk bersalam-salaman,” pesannya.

Saat ini Bagian Kesra Setda Bulukumba bekerjasama dengan Kementerian Agama, diminta untuk mendata masjid-masjid yang akan melaksanakan sholat Ied, dan hal-hal yang dibutuhkan terkait dukungan Gugus Tugas Covid-19 dalam pelaksanaan protokol kesehatan akan dikoordinasikan, termasuk back up pengamanan dari pihak Polres, Kodim 1411 dan Satpol PP. – * Rilis

Editor Redaksi

Komentar

News Feed