oleh

Dandim 1411 Bulukumba Paparan Kesiapan TMMD ke 109 di Makodam XIV Hasanuddin

MATARAKYATMU.-  Bupati Bulukumba A.M. Sukri A.Sappewali, bersama Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd, Ketua DPRD Bulukumba diwakili Sulkifli Saiyye, dan Kepala Bappeda Ferryawan Z.Fahmi menghadiri rapat paparan kesiapan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA. 2020 dan Rencana Strategi pemenangan lomba karya Jurnalistik serta Karya Bhakti TNI Untuk Negeri Dalam Rangka Serbuan Teritorial Kodam XIV/ Hasanuddin, yang berlangsung di Ruang Bina Yudha Makodam XIV/Hasanuddin Makassar, Rabu (2/9)

Rapat tersebut dipimpin Pangdam XIV/ Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka, S.E., M.M.
juga hadir Irdam XIV/ Hasanuddin dan para Komandan Korem dengan sasaran TMMD ke 109 TA. 2020 Kabupaten Bulukumba, Sidrap, Mamuju dan Mina serta Karya Bhakti TNI di Kendari.

TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral, dan dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya yang tergolong tertinggal atau terisolasi.

Pada kesempatan itu juga dipaparkan soal peliputan kegiatan TMMD ke 109 TA. 2020 oleh Personel Kodim, dengan menyiapkan media center, jumpa Pers, Realese berita dan menyelenggarakan lomba foto serta film pendek dengan tema “ TMMD PENGABDIAN UNTUK NEGERI “, melibatkan komunitas fotographer dan Youtubers.

Kemudian pengambilan gambar dan film pendek pada saat lomba menggunakan kamera digital resolusi tinggi dan drone, serta memantau jumlah dan kualitas pemberitaan tentang TMMD.

Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto memaparkan kesiapan pelaksanaan TMMD ke- 109 TA. 2020 di wilayah Kabupaten Bulukumba.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang awalnya dikenal dengan ABRI Masuk desa (AMD), merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI sebagai program terpadu kerja sama lintas sektoral antara TNI dengan Kementrian/Lembaga Pemerintah non Kementrian & Pemda serta komponen bangsa lainnya, guna mewujudkan Hanwil yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Salah satu tugas Kodim 1411/Bulukumba, adalah membantu Pemda dan masyarakat dalam upaya percepatan pembangunan di daerah yang tertinggal/terbelakang melalui kegiatan TMMD.

Untuk mencapai hasil yang optimal dalam penentuan sasaran TMMD, baik fisik dan non fisik dapat dilaksanakan dengan sistem perencanaan bottom up planning, sehingga kegiatan TMMD dapat berdaya guna dan berhasil guna terhadap kepentingan masyarakat sekitarnya.

Kabupaten Bulukumba memiliki luas wilayah mencapai 1.154,58 km², terbagi atas 10 kecamatan, 27 Kelurahan dan 109 Desa.

Pertimbangan Desa Kindang sebagai sasaran TMMD
yaitu luas wilayah Desa Kindang Kec. Kindang 26,24 km², merupakan daerah ketinggian dan berbukit.
Desa kindang merupakan salah satu desa pariwisata dan penghasil Palawija di Kab. Bulukumba.

“Dengan adanya perintisan jalan yang menghubungkan desa Kindang kec. Kindang dengan Desa Sapobonto Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba, sehingga dapat mengurangi biaya angkut hasil pertanian seperti Cengkeh, Kopi, Padi dan Palawija,” papar Dandim 1411/Bulukumba.

Dengan membuka akses jalan yang menghubungkan antara Desa Kindang kec. Kindang dengan Desa Sapobonto Kec. Bulukumpa, maka akan membuka ruang gerak perekonomian desa yang terisolir di kedua kecamatan tersebut.

Dandim 1411/Blk Letkol Arm Joko Triyanto memaparkan pula, sasaran fisik dari TMMD ke 109 Kodim 1411/ Bulukumba, yaitu
perintisan jalan sepanjang 750 meter x lebar 8 meter di Desa Kindang kec. Kindang kab. Bulukumba, pembuatan talud sepanjang 550 m tinggi 2,5 m di Desa Kindang.

Kemudian sasaran non fisik
bertempat di aula serbaguna Desa Kindang berupa Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wasbang,
Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan,
Penyuluhan KB Kes. Penyuluhan kesehatan, pengobatan massal dan donor Darah.-( Edy )

Komentar

News Feed