oleh

Pengurus Kongres Advokad Indonesia Lutim Laporkan Saudara Kades Baruga

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || Pengurus Kongres Advokat Indonesia Luwu Timur melaporkan inisial AW yang diduga mengancam dan menyerang kehormatan Advokad ke Mapolres Luwu Timur, Kamis (17/9/2020).

“Ada dugaan pengancaman, dugaan penghinaan. Ancamannya pada saat rekan-rekan Advokat melaksanakan tugas dengan memberikan bantuan hukum terhadap klien, tepatnya didesa Baruga kec.Towuti, dimana AW diduga ingin melakukan pemukulan dan ancaman terhadap diri rekan-rekan Advokat dengan mengeluarkan kata-kata kotor yang secara tidak langsung merusak wibawa dan menyerang kehormatan seorang Advokat yang sementara menjalankan tugasnya, ini kan melanggar hukum,” ucap Adv Mukhtar.

Karena itu, Pengurus Kongres Advokat Indonesia Luwu Timur memutuskan untuk membawa masalah tersebut ke jalur hukum, sekaligus meminta jaminan keamanan kepada pihak berwajib agar nantinya rekan-rekan Advokat yang sedang menjalankan tugas sebagai Advokat mendapatkan keamanan saat menjalankan profesinya.

Lanjut Adv Mukhtar “Jadi hari ini kami dari Pengurus Kongres Advokat Indonesia Luwu Timur, telah mengutus tim hukum untuk membawa surat pengaduan dan laporan ke polisi dengan Nomor Surat laporan dan pengaduan : 019/K.A.I/LTM/IX/2020 tanggal 17 September 2020, terkait adanya dugaan  tindak pidana yang diduga dilakukan oleh seseorang, tindakan ini dilakukan untuk melindungi rekan-rekan Advokat yang menjalankan tugasnya sebagaimana diatur dalam UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat “.

Kronologi kejadian tersebut berawal ketika rekan-rekan Advokat sebagai Kuasa Hukum dari Asniati, pada hari Rabu (16 september 2020) mendatangi lokasi tanah milik Asniati berdasarkan SHM No. 00149 atas nama Asniati sekitar pukul 16:30 Wita, guna melihat objek sengketa dan melihat pembangunan posko diatas lahan miliknya.

Sekitar Jam 15:15 Wita pihak pemerintah desa Baruga Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, mendatangi lokasi tersebut Untuk melakukan keberatan dan meminta agar pembangunan posko relawan tersebut diberhentikan dengan alasan bahwa tanah yang dimaksud Asniati adalah tanah milik pemerintah desa Baruga

Dari sumber yang dihimpun, pada saat pihak Kuasa Hukum Asniati melakukan pembicaraan dengan pihak pemerintah desa Baruga kecamatan Towuti, tiba-tiba datang seorang lelaki yang berinisial AW, dengan beberapa orang diduga ingin melakukan pemukulan dan memberikan ancaman serta mengeluarkan kata-kata kotor yang secara tidak langsung merusak wibawa dan menyerang Kehormatan seorang Advokat yang sementara menjalankan tugasnya sebagaimana dalam UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat,  terhadap kuasa hukum pihak Asniati.

Sekedar diketahui AW adalah saudara kandung dari Kepala desa Baruga Kecamatan Towuti, kabupaten Luwu Timur. (*).

Komentar

News Feed