oleh

Anggota Polsek Nuha Kembangkan Tanaman Terong Hutan Berbuah Tomat

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || Bripka. Supriadi Toding, Panit 1 Binmas Polsek Nuha yang berlatar belakang seorang anak petani ini berhasil melakukan percobaan atau eksperimen dibidang pertanian.

Berbekal pengalaman menyilangkan pohon kakao yang biasa disebut sambung pucuk, Bripka. Supriyadi berniat melakukan hal serupa dengan melihat potensi yang ada disekitar asrama tempat tinggalnya.

Seperti diketahui, dikecamatan Wasuponda terdapat banyak pohon terong hutan yang hampir dijumpai disetiap sudut kecamatan, termasuk diseputaran Asrama Mapolsek tempatnya melakukan percobaan.

Bripka. Supriadi, menceritakan awal dari eksperimennya tersebut. Saat itu dirinya melakukan kegiatan bersih-bersih diseputaran Asrama tempat tinggalnya dan menemukan banyak pohon terong hutan.

Saat itu juga dirinya merasa kasihan jika harus membabat seluruh pohon terong yang ada disekitarnya. Merasa iba, dirinya berpikir sejenak sambil melihat sepohon tomat yang tumbuh ditengah rimbunnya pohon terong hutan itu.

Terpikir dalam benaknya, kenapa tidak dicoba untuk menjadikannya tanaman yang berguna, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 yang mana perekonomian keluarga semakin berkurang.

Berbekal pengalaman bertani yang dimilikinya, Bripka. Supriadi, mencoba untuk mengawinkan pohon terong hutan tersebut dengan entris dari pohon tomat yang juga ada ditengah rimbunnya pohon terong.

Pertama-tama dirinya hanya mencoba beberapa pohon saja dan alhasil, pohon terong dan entris dari ranting pohon tomat tersebut tumbuh subur dan kini setelah usianya sekitar satu bulan sudah mulai terlihat mengeluarkan bunga.

“Awalnya saya hanya mencoba karena merasa kasihan kalau pohon yang tumbuh subur harus saya babat habis, saya lihat diantaranya ada terselip satu pohon tomat ditengah rimbunnya pohon terong hutan. Jadi saya berinisiatif untuk menjadikannya tanaman yang bisa dikonsumsi, mengingat sekarang perekonomian menurun akibat Pandemi Covid-19,” tutur Bripka. Supriadi.

“Setelah saya mencoba beberapa pohon dan saya rawat sampai sebulan lamanya, Alhamdulillah tanaman percobaan itu bisa tumbuh subur dan terlihat sudah mulai mengeluarkan bunga,” lanjutnya.

Setelah melihat keberhasilan eksperimennya, Bripka. Supriadi, akan mencoba mengembangkan hal tersebut sambil mengisi waktu luang diluar jam kerjanya. Laporan: Ullah

Komentar

News Feed