oleh

Tuntaskan Tugas PAM di Kantor Gubernur, Batalyon C Pelopor Junjung Tinggi Sikap Humanis

MATARAKYATMU.- Personel Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel menuntaskan tugas mengamankan aksi unjuk rasa (Unras) penolakan terhadap UU Omnibus Law Cipta Kerja di Kota Makassar.

Selama lima hari bertugas di kota Daeng, mulai 9 Oktober hingga 13 Oktober 2020, personel Batalyon C Pelopor Polda Sulsel dibawah komando Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor, Kompol Nur Ichsan, melakukan pengamanan aksi unras, di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dengan humanis.

Proses pengamanan yang dilakukan personel Brimob Bone, bukan tanpa tantangan. Nyawa pun dipertaruhkan.

Hal itu bisa dilihat dari aksi anarkis yang ditunjukkan pengunjuk rasa, seperti melakukan pelemparan kepada petugas, pengerusakan fasilitas negara/umum, membawa bom molotov, hingga busur di beberapa titik aksi.

“Namun, Alhamdulillah selama tugas pengamanan kami (Batalyon C Pelopor Polda Sulsel, red) di Kantor Gubernur, hal tersebut tidak terjadi,” jelas Kompol Nur Ichsan, Rabu (14/10/2020).

“Satu SSK atau sebanyak 100 personel yang diterjunkan bisa kembali ke Bone. Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat,” sambungnya.

Proses pengamanan selama Unras, tidak mudah. Personel berjaga mulai pukul 07.00 hingga 21.00 Wita dan selanjutnya harus tetap standby di tempat mana kala ada perkembangan situasi yang membutuhkan kehadiran Brimob.

“Setelah tugas di lapangan, kami tetap standby di tempat manakala ada kejadian atau perkembangan situasi yang membutuhkan kehadiran Brimob, kami harus hadir, ini sebagai wujud nyata bhakti Brimob untuk masyarakat,” imbuh Nur Ichsan

Beratnya tugas yang dipikul personel Brimob Bone tersebut, terbayarkan mana kala bisa komunikasi dengan orang terkasih.

“Untuk berkabar pasti dilaksanakan minimal pagi sebelum tugas. Ya sembari menanyakan keadaan keluarga dan tentu mohon doa agar dalam pelaksanaan tugas bisa aman dan terhindar dari musibah. Tidak sampai disitu saja, momen istirahat personel mengisinya untuk video call bercengkerama melepas rindu dengan keluarga,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis menuturkan, kondisi berangsur-angsur kondusif. Namun demikian, seluruh personel di Tanah Air, termasuk di Sulsel terus bersiap siaga bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan harus siap digerakkan

“Karena situasi di Makassar sudah kondusif maka Brimob Yon C Pelopor bisa kembali ke Mako namun harus tetap siaga sewaktu – waktu dibutuhkan harus siap bergerak,” pungkas Muhammad Anis.-(*)

Komentar

News Feed