oleh

Plt Kadis DKP Sambangi Lumbung Padaidi di Desa Tibona

MATARAKYATMU.- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan ( DKP) Hj.Darmawati, Jumat (23/10) sore tadi menyambangi lokasi Lumbung Padaidi di Desa Tibona Kecamatan Bulukumpa.

Kedatangan Hj.Darmawati bersama Kasi Cadangan Pangan Irawaty, Kasi Pengembangan Lokal Hj.Nuraeni dan sejumlah staf DKP dimaksudkan untuk mengetahui ketersediaan beras di Lumbung Padaidi, demikian juga kondisi lumbung tersebut.

Penanggung jawab Lumbung Padaidi Arman kepada Ptl Kadis Ketahanan Pangan menjelaskan, hingga saat ini ketersediaan gabah di lumbungnya masih ada sekitar 120 karung, atau jika sudah digiling menjadi beras sekitar 11 ton.

Dijelaskan, pada tahun 2017 lalu, dia mendapat bantuan dari Pemerintah sebanyak 5000 Kg beras atau sekitar 5 Ton, dan sudah disalurkan, dan pada Jumat (23/10) disalurkan sebanyak 190 Kg, sehingga saat ini  bantuan tersebut masih ada kurang lebih 4.261 Kg.

” Lumbung ini kami isi dengan gabah dan sebelum panen kami jual keluar, selanjutnya memasuki masa panen, kami kembali membeli gabah atau revolving stok,” jelas Arman.

Salah satu tujuan dari revolving stok, antara lain peningkatan ekonomi kelompok melalui program revolving supaya harga bisa lebih bagus

Arman juga menjelaskan Lumbung Padaidi didirikan pada tahun 2015, dengan kapasitas tampung sebanyak 35 – 50 ton, dan Lumbung Padaidi juga memiliki tempat pengeringan gabah, termasuk RMU.

Usai melihat dari dekat Lumbung Padaidi, Plt Kadis Ketahanan Pangan Hj.Darmawati meninjau lokasi pengeringan gabah yang terletak satu area dengan tempat penampungan gabah dan beras.- Suaedy.-

Komentar

News Feed