oleh

Sehari Dua KWT Disambangi  Plt Kadis Ketahanan Pangan di Kecamatan Berbeda

MATARAKYATMU.- Sejak mendapat amanah selaku Plt Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba dari Bupati Andi Sukri, sang Plt Kadis Hj.Darmawati gencar turun ke lapangan melihat dari dekat binaan OPD yang dipimpinnya.

Seperti pada Jumat (23/10), Hj.Darmawati menyambangi dua lokasi Kelompok Wanita Tani ( KWT ) di Dua Kecamatan yang berbeda. Pada Jumat pagi, Darmawati didampingi Kasi Pengembangan Pangan Lokal Hj.Nuraeni menyambangi KWT Seruni di Desa Sopa Kecamatan Gantarang.

Di KWT Seruni, Hj.Darmawati disambut Ketua KWT Seruni Nurhadia bersama anggota, sekaligus melihat dari dekat beragam jenis sayuran yang ditanam KWT Seruni. Bahkan Plt.Kadis Ketahanan Pangan menyempatkan ikut memetik sayur yang sudah layak dikonsumsi.

Menurut Ketua KWT Seruni, pihaknya belum sempat menjual hasil tanamannya, karena memang sebagian besar tanamannya masih terbilang baru. Itupun kalau ada yang dipetik, masih sebatas konsumsi pribadi dan berbagi dengan tetangganya.

” Jenis tanaman yang sudah kami tanam diantaranya sayur Bayam, Sawi, Cabe, Tomat, Kacang Panjang, Pare dan Kangkung dan jumlah anggota KWT Seruni sebanyak 25 orang,” jelas Nurhadia kepada Plt.Kadis Ketahanan Pangan

Nurhadia menambahkan, jenis tanaman yang sudah dipanen antara lain sayur Bayam dan Kangkung, yang keduanya belum dijual keluar. Meski begitu, tetangga dari Ketua KWT sudah ikut menikmati hasil panennya.

Sementara itu, Hj.Darmawati menuturkan, sebagai pejabat baru, dia ingin melihat dari dekat kegiatan KWT yang ada di wilayah kerjanya, sekaligus memantau perkembangan di lapangan.

” Jadi saya juga didampingi
2 orang tenaga pendamping non ASN yaitu pendamping dari OPL ( Obor Pangan Lestari) dan Pendamping P2L (Pekarangan Pangajln Lestari)” jelas Darmawati. Dan pada kesempatan itu dia juga memberi semangat kepada ibu ibu yang tergabung pada KWT Seruni.

Selanjutnya pada Jumat sore, Plt Kadis Ketahanan Pangan melanjutkan perjalanan ke Desa Balangpesoang Kecamatan Bulukumpa yang berbatasan dengan Kabupaten Sinjai.

Kali ini, Hj Darmawati mendatangi KWT Kuncup Mekar dan ikut mendampingi Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan A.Muh.Ikbal SP bersama sejumlah pejabat lainnya.

Di lokasi ini, Hj.Darmawati disambut Ketua KWT Kuncup Mekar II Saenab bersama anggota, dan hadir pula Kepala Desa Balangpesoang.

Di lokasi itu terlihat Green House Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari dengan mengelola tanaman sayur
Hidroponik, adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Selain itu juga mengelola kegiatan, yaitu , Demplot, Rumah Bibit, Pertanaman Pekarangan.

Menurut Andi Ikbal, KWT Kuncup Mekar II pernah mendapat bantuan dari APBN sebesar Rp.60 juta dan dana tersebut langsung masuk ke Rekening kelompok yang memiliki 30 orang anggota.

Kepada Plt Kadis Ketahanan Pangan, Ketua KWT Kuncup Mekar menyampaikan, KWT yang dia ketuai kini tengah mengembangkan tanaman sayur Hidroponik, dan sejak beberapa hari terakhir dia sudah menjual sayur jenis sawi.

” Alhamdulillah kami sudah menjual sayur sawi yang ditanam dengan cara hidroponik, meskipun hasilnya belum seberapa. Yang pasti sudah ada yang kami konsumsi dan adapula yang kami berikan kepada tetangga dan ibu menyusui yang ada di desa ini,” jelas Saenab.-( Suaedy )

Komentar

News Feed