oleh

Program Kesejahteraan Yang Ditawarkan Ibas-Rio Jadi Perbincangan Publik

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || Kekaguman atas calon bupati Irwan Bachri Syam, saat menyampaikan secara gamblang program kerja yang menjadi prioritas di Lima tahun masa pemerintahannya kelak ketika terpilih, menjadi perbincangan sekaligus menuai kekaguman sebagian besar masyarakat kabupaten Luwu Timur.

Program yang dimaksud adalah program yang tertuang dalam visi-misi, yang menjadi prioritas. Salah satunya pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan membangun sentra-sentra produksi yang akan meningkatkan ekonomi dari lapangan kerja baru, dengan melakukan transformasi ekonomi dari ketergantungan sumber daya alam ke manufaktur dan industri.

Orientasinya jelas kepada sektor ketenagakerjaan dan peningkatan kesejahteraan rakyat melalui bibit dan pupuk geratis, kesehatan geratis dan selanjutnya pengembangan kerangka teknis bagaimana menciptakan lapangan kerja untuk menampung tingginya angkatan kerja usia produktif.

Kerangka kerja untuk penanggulangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja didukung oleh gagasan regulasi bersifat UU tersendiri yang merupakan terobosan baru dalam kebijakan pembangunan ekonomi di daerah. Sebab masalah pengangguran adalah menyangkut hidup matinya seorang warga negara, sebab dengan pekerjaan itulah ia menghasilkan pendapatan bagi penghidupan yang layak.

Sebagaimana yang dikutip dari salah satu pemerhati pemberdayaan yang mengatakan, bahwa amanat konstitusi telah jelas kalau negara memiliki kewajiban untuk memberi pekerjaan, sementara warga negara berhak menuntut pemerintah agar diberi kesempatan kerja yang luas.

Dari amanat konstitusi saja telah menegaskan demikian, mengapa selama ini malah pekerjaan yang mengangkut pengangguran belum dapat diselesaikan dengan baik atau paling minimal menekan melonjaknya angka pengangguran, hal ini berpulang pada para penentu kebijakan.

Untuk menyelesaikan persoalan pengangguran, maka keterlibatan seluruh elemen adalah suatu niat yang urgensif namun demikian kepala daerah sebagai nahkoda didaerah perlu mencari alternatif terbaik untuk keluar dari pengangguran yang menjadi simbol kemiskinan.

Upaya kepala daerah dengan program kerjanya yang prioritas pada kemakmuran dan kesejahteraan menitik beratkan kepada sumber daya manusia yang didukung oleh regulasi yang kuat untuk menciptakan lapangan kerja harus didukung oleh semua pihak.

Salah satu warga yang diminta tanggapannya terkait program yang ditawarkan pasangan IBAS-RIO dipilkada 2020 ini, dengan lantang Baharuddin, menyatakan kalau semua program yang menjadi prioritas Paslon IBAS-RIO adalah betul-betul dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat kabupaten Luwu Timur.

Dari situlah awal munculnya ketertarikan pemilih yang punya niat besar ingin agar seluruh masyarakat Luwu Timur bisa sejahtera secara berkeadilan, untuk itu Baharuddin, berharap agar semua masyarakat mau mendukung Paslon IBAS-RIO agar kelak ketika mereka terpilih, kabupaten Luwu Timur akan bangkit dan mempunyai daya saing dengan daerah lain yang lebih maju.

Bukan hanya di Lutim saja program pupuk gratis IBAS-RIO ini menjadi perdebatan, bahkan di tanah kelahiran Baharuddin, yakni kabupaten Sidrap pun program ini jadi buah bibir masyarakat. Menurut Baharuddin, yang sekarang berdomisili di kecamatan Towuti ini kalau keluarga besarnya di Sidrap sangat kagum dengan program yang digagas salah satu Paslon kepala daerah di Luwu Timur.

“Tidak ada yang tidak mungkin ketika seorang Bupati betul-betul mau mensejahterakan masyarakatnya, apalagi Luwu Timur ini kaya akan sumber daya alamnya dan ditunjang dengan sumber daya manusianya yang handal. Untuk itu, saya pribadi mengajak saudara-saudara saya yang lain untuk membantu IBAS-RIO untuk mewujudkannya.” Harap Bahar. (***).

Komentar

News Feed