oleh

Program Kesehatan IBAS-RIO Menjadi Harapan Warga Kecamatan Towuti

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || program kesehatan geratis yang digagas Irwan Bachri Syam dalam visi-misinya bukannya tidak masuk akal. Sebelumnya, beberapa daerah telah melakukan hal serupa, seperti yang diberlakukan di provinsi Gorontalo dan kabupaten Konawe yang memberikan kemudahan bagi masyarakatnya dalam hal kesehatan.

Di Provinsi Gorontalo, pemerintah provinsi menjamin dan memastikan masyarakatnya mendapatkan layanan kesehatan yang profesional di Rumah Sakit pemerintah dengan hanya memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk Gorontalonya.

“Pemerintah provinsi Gorontalo menjamin dan memastikan masyarakat mendapat layanan kesehatan yang profesional di Rumah Sakit pemerintah cukup menunjukkan KTP,” tegas Gubernur Gorontalo, dilansir dari kompas.com.

Di Luwu Timur sendiri saat ini, untuk pelayanan kesehatan masih terbilang sangat sulit. Bagaimana tidak, jika warganya tak memiliki kartu BPJS ataupun jika memiliki kartu BPJS Mandiri tidak akan dilayani jika masih ada tunggakan BPJSnya itu.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu ada orang tua yang sedang sekarat dan membutuhkan rujukan, namun karena BPJS Mandiri nya menunggak dan keluarga belum mampu melunasi, akhirnya orang tua tersebut tidak jadi dirujuk padahal kondisinya sekarat.

Namun beruntung waktu itu ada seorang dermawan yang memfasilitasi untuk dirujuk ke Rumah Sakit swasta, dan akhirnya orang tua tersebut bisa mendapatkan pelayanan dan bisa sembuh dari sakitnya itu.

Untuk itulah Irwan Bachri Syam yang menjabat sebagai Wakil Bupati kabupaten Luwu Timur, ini maju menjadi calon Bupati demi memajukan tanah kelahirannya yang dirasa sangat butuh pemimpin yang betul-betul mau memikirkan nasib warganya.

Seperti yang diketahui kabupaten Luwu Timur kaya akan sumber daya alam, namun semua itu berbanding terbalik dengan keadaan masyarakatnya. Darinya itu, dirinya berpikir maju dan memberikan ide-ide luar biasa demi memudahkan masyarakatnya dalam pendidikan, kesehatan dan pertanian untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat yang mendiami kabupaten yang berlimpah dengan kekayaan alamnya ini.

Disektor kesehatan khususnya, program kesehatan geratis yang dituangkan dalam visi-misi dirasa sangat membantu masyarakat, karena masyarakat kabupaten Luwu Timur kedepannya hanya menggunakan kartu tanda penduduk KTP/NIK dalam menerima layanan kesehatan secara geratis di Rumah-Rumah Sakit pemerintah yang ada di Indonesia.

Berikut beberapa item dalam program kesehatan geratis pasangan calon IBAS-RIO;

a. Layanan penuh “seribu hari pertama kehidupan” dimulai dari kehamilan sampai dengan usia 2 tahun.
b. Pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP/NIK (DANA SEHAT)
c. Garda Sehat (gerakan desa sehat) dengan 1 dokter, 1 perawat, 1 bidan, dan sarjana kesehatan masyarakat yang difasilitasi dengan operasional kesehatan.
d. Antar jemput pasien dan keluarga pasien (Armada Sehat)
e. Rumah singgah bagi pasien dan keluarga pasien
f. Pemberian insentif kepada petugas kesehatan yang khusus menangani pasien secara langsung
g. Penambahan insentif bagi para tenaga sukarela/honor tenaga kesehatan
h. Perubahan fasilitas kamar bangsal menjadi kamar kelas dipuskesmas dan Rumah Sakit
i. Penambahan dokter spesialis
j. Pembangunan Rumah Sakit Umum dikecamatan Towuti dan kecamatan Malili.

Seperti yang diungkapkan Dhyka, warga kecamatan Towuti saat ditemui dikediamannya. Dhyka kepada awak media menjelaskan tentang pentingnya layanan kesehatan yang mudah dan geratis, mengingat masih banyaknya warga kurang mampu di Luwu Timur yang memerlukan itu. Kamis (29/10/2020).

Selain kurang mampu, masih banyak juga warga yang enggan berobat ke Rumah Sakit diakibatkan aksesnya yang jauh karena tidak semua warga memiliki kendaraan pribadi, jadi menurutnya dengan adanya Garda Sehat IBAS-RIO sangat membantu karena bisa langsung kelokasi tempat tinggal pasien untuk melakukan pemeriksaan sekaligus menyiapkan armada sehat untuk antar jemput pasien dan keluarga pasien.

“Program pak IBAS kami rasa sangat membantu terkait kesehatan geratis, dan harapan kami sebagai masyarakat agar pak Ibas dan Rio diberikan amanah memimpin Luwu Timur, agar kesejahteraan masyarakat bisa segera terwujud.” Tutup Dhyka. (Tim)

Komentar

News Feed