oleh

Antisipasi Kericuhan, 1 SSK Brimob Batalyon C Pelopor Disiagakan di Kantor DPRD Bone

MATARAKYATMU.- Aliansi Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung ( HMI, PMII, IMM) Cabang Kabupaten Bone mengelar aksi demonstrasi, Senin (02/11/20).

Aksi unjuk rasa yang digelar dalam rangka evaluasi 2 tahun kepemimpinan Bupati Bone 2 periode Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. ini dilakukan pada dua lokasi ini yaitu di halaman Kantor Bupati Bone dan kantor DPRD Kabupaten Bone.

Sebelum menuju ke kantor DPRD Kabupaten Bone, massa pengunjuk rasa terlebih dahulu menyampaikan orasinya di depan halaman kantor Bupati Bone dan sempat terjadi aksi saling dorong dan pelemparan batu dari pihak pengunjuk rasa ke aparat pengamanan yang bertugas mengamankan lokasi tersebut.

Kericuhan ini terjadi karena dipicu oleh aksi pengunjuk rasa yang memaksa masuk ke kantor Bupati Bone, padahal di dalam kantor Bupati Bone telah ada perwakilan dari masing-masing mahasiswa yang menyampaikan aspirasi mereka.

Akhirnya kericuhan berhasil diredam setelah massa pengunjuk rasa berhasil didorong mundur oleh aparat keamanan.

Merasa aspirasinya tidak tersampaikan, massa pengunjuk rasa akhirnya melanjutkan aksinya di kantor DPRD Kabupaten Bone. Saat berada di Kantor DPRD, massa pengunjuk rasa diterima oleh 3 orang anggota DPRD Bone untuk menyampaikan aspirasinya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan susulan, Kapolres Bone AKBP Tri Handako meminta back up 1 SSK ( Satuan Setingkat Kompi) personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel untuk disiagakan di area Kantor DPRD Bone.

Selain bersiaga di selatan kantor DPRD, 1 SSK Personel Brimob Batalyon C Pelopor dipimpin Iptu Mustari, juga mengelar perlengkapan PHH ( Penanggulangan Huru Hara) yang mereka miliki untuk kecepatan penanganan ketika terjadi kericuhan.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. membenarkan adanya 1 SSK personel Batalyon C Pelopor disiagakan di kantor DPRD Bone.

” Benar 1 SSK Pasukan PHH Batalyon C Pelopor telah berada di kantor DPRD Bone, tapi kami masih stand by di lokasi dan menunggu perintah lebih lanjut dari Kapolres Bone apabila aksi unjuk rasa berubah menjadi aksi yang dapat menggangu kondusifitas Kamtibmas,” ujar Danyon C Pelopor.

Kompol Nur Ichsan, menambahkan jika kesiapan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dalam mengantisipasi perkembangan aksi unjuk rasa di Bone yang dapat berujung pada gangguan kondusifitas Kamtibmas, adalah wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia.

” Demi menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah back up Batalyon C Pelopor, kami menyiagakan personel untuk mengantisipasi perubahan situasi hijau menjadi merah yang dapat terjadi kapan pun,” tambahnya.

Massa pengunjuk rasa dari kelompok Cipayung Kabupaten Bone akhirnya membubarkan diri dengan tertib di depan kantor DPRD Kabupaten Bone pada pukul 15.00 Wita.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa Satbrimob Polda Sulsel terus bersiaga untuk menghadapi perkembangan situasi Kamtibmas yang sangat dinamis.

” Oleh karena saat ini perkembangan situasi Kamtibmas sangat sulit untuk diprediksi khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, kami terus menyiagakan pasukan dan perlengkapan untuk mengantisipasi perubahan situasi ini. Hal ini kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” pungkas Muhammad Anis.(*)

Komentar

News Feed