oleh

KWT Cahaya Pagi Mampu Membuat Hamburger dengan Citarasa Enak

MATARAKYATMU. Plt Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba Hj.Darmawati, SE, pada Sabtu (7/11) siang tadi didampingi sejumlah pejabat eselon IV diantaranya Rosmidar, Ira dan Buhra memanfaatkan waktu libur menghadiri pertemuan rutin Kelompok Wanita Tani ( KWT ) Cahaya Pagi di Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang, yang sebelumnya pada pagi hari melayat di Kecamatan Herlang rumah duka mertua Andi Iqbal,  salah seorang Kepala Bidang pada Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba .

Setiba di lokasi, Plt Kadis Ketahanan Pangan, disambut ibu ibu anggota KWT Cahaya Pagi, selanjutnya melihat dari dekat lahan pekarangan yang ditanami beragam jenis sayuran, selanjutnya melihat lokasi demplot yang dikelola secara bersama oleh anggota KWT Cahaya Pagi.

Pada kegiatan itu, juga hadir Kepala Desa Benteng Palioi Syarifuddin, Sartika, Dosen Pembimbing dari UNHAS yang kebetulan mahasiswanya sedang melakukan KKN di Desa itu, serta Sulaiman penyuluh dari Dinas Pertanian dan Hortikultura.

Dihadapan ibu ibu anggota KWT Cahaya Pagi, Plt Kadis Ketahanan Pangan Hj.Darmawati, selain mengapresiasi usaha dan kerja sama yang telah dilakukan pengurus dan anggota KWT Cahaya Pagi, juga memperkenalkan diri sebagai pejabat pelaksana tugas Kadis Ketahanan Pangan.

” Saya melihat pengolahan lahan pekarangan anggota KWT Cahaya Pagi, betul betul dikelola dengan baik, semua ini tidak terlepas dari kerja keras ibu ibu anggota dan bimbingan dari penyuluh, demikian pula perhatian dari pak Kades. Alhamdulillah tadi saya dengar hasilnya sudah ada yang dijual dan sebagian juga diberikan kepada tetangga yang tidak masuk anggota kelompok,” kata Hj.Darmawati.

Bahkan Hj.Darma memuji hasil kreasi ibu ibu anggota KWT Cahaya Pagi yang mampu mengolah ubi kayu menjadi Hamburger yang citarasanya tidak kalah dengan yang dijual dipasaran.

Hasnawati, salah seorang pengurus KWT Cahaya Pagi melaporkan, bahwa hingga saat ini, seluruh anggota aktif
manfaatkan lahan pekarangan di masing masing rumah dengan menanam berbagi jenis sayuran, diantaranya, Kangkung, Bayam, Pare, Buncis, Sawi, Lada, Tomat , Cabe, Terong dan lainnya.

Bahkan di halaman rumah Ketua KWT Cahaya Pagi berdiri Green House yang di dalamnya juga terdapat tanaman hidroponik berbagai jenis sayur.

” KWT Cahaya Pagi Desa Benteng Palioi Kecamatan Kindang beranggotakan 30 orang, juga memiliki Demplot yang dikelola secara berkelompok dan hasilnya di jual dan dinikmati bersama,” jelas Hasnawati.

Dilaporkan pula, KWT Cahaya Pagi ini juga mengelola pembuatan Kripik Pisang, Kripik Pare, Kripik Keladi, kripik Ubi jalar, Kripik Bawang yang kesemuanya telah dipasarkan di daerah sekitar.

Selain itu, dari hasil pemanfaatan lahan pekarangan dan demplot, anggota KWT Cahaya Pagi juga mampu mengolah menjadi Hamburger dari Ubi Kayu, dengan cita rasa yang enak.

Kades Benteng Palioi Syarifuddin, berharap kepada Pemkab Bulukumba melalui Dinas Ketahanan Pangan, membantu pemasaran produk yang dihasilkan oleh ibu ibu anggota KWT Cahaya Pagi.- Suaedy.-

Komentar

News Feed