oleh

Program Kusayang ko Mulai Dikembangkan di Bulukumba

MATARAKYATMU.- Program Kusang ko ( Kebun, Sayur, Organik, Sekolah ) yang diprakarsai Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, pada Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Bulukumba Ahmad Rizaldi Ihsan, SE, M.Si, bakal diminati pihak sekolah.

Bahkan untuk langkah awal, program Kusayang ko ini, telah dilakukan kerja sama dengan Kepala Mts Ponpes Kalumeme Bulukumba H.Subehan, S.Pdi, dalam rangka pengembangan tanaman berbagai jenis sayur di sekolah itu, diantaranya Kangkung, Bayam, Terong, Tomat dan Cabe.

Dihadapan Plt Kadis Ketahanan Pangan Bulukumba Hj.Darmawati bersama Sekertaris Hj.Arniyati, Kabid Keamanan Pangan Muhtar serta sejumlah Kepala Seksi, Ahmad Rizaldi Ichsan menjelaskan, program Kusayang ko ini, sekaligus menjadi bahan proyek perubahan pada Diklatpim III yang dia sementara ikuti.

” Jadi kalau selama ini kita hanya berkiprah pada program pemanfaatan lahan pekarangan, kini melalui Program Kusayang ko, fokus pada pemanfaatan lahan sekolah untuk ditanami beragam jenis sayur,” sebut Ichsan.

Menyinggung soal pengadaan bibit sayur yang akan disalurkan, nantinya bersumber hasil semai bibit yang dia lakukan. ” Jadi untuk sementara, pengadaan bibitnya kami yang siapkan dari hasil penyemaian yang kami lakukan. Dan kami berharap kedepan program Kusayang ko ini bisa mendapat alokasi anggaran untuk pengadaan bibit sayur, karena program ini, Insya Allah akan kita kembangkan ke beberapa sekolah,” terang Ichsan.

Khusus untuk Mts Ponpes Babul Khaer Kelurahan Kalumeme, menurutnya sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu, sekaligus menjadi langkah awal. ” Alhamdulillah, di Mts Ponpes Bubul Khaer, sekarang sudah siap panen dan hasilnya diharapkan, selain untuk konsumsi anak santri, sebagian bisa dijual,” jelasnya yang dibenarkan H.Subehan Kepala Mts. Ponpes Babul Khaer.-( Suaedy )

Komentar

News Feed