oleh

Catatan Andi Ainun Annisa Sari, Mahasiswi UNHAS Terkait Figur Andi Muchtar Ali Yusuf

-Daerah-4.904 views

MATARAKYATMU.- Pilkada serentak baru saja selesai digelar tanggal 9 Desember 2020 di Bulukumba, dan rekap tingkat kabupaten sudah selesai oleh KPU Kabupaten Bulukumba, dengan kandidat masing masing perolehan suara sebagai berikut, no urut (1)12.517 urut (2) 67.855 Urut (3) 63.672 urut (4) 92.978.

Mengukir sejarah orang Kecamatan Bulukumpa terpilih jadi Bupati Bulukumba yang ke 14. Kurang lebih 63 tahun lahirnya Kabupaten Bulukumba pecahan dari kabupaten Bantaeng, baru kali ini ada orang Kecamatan Bulukumpa menjadi Bupati untuk periode tahun 2021/2026 yakni H.Andi Muchtar Ali Yusuf Bin H.Andi Muh Ali Yusuf dan nama Ibunya Hj. Andi Dalima Binti Karaeng Makkarodda, yang In sha Allah akan dilantik pada tanggal 17 Pebruari 2021. Kendatipun KPU Bulukumba belum menetapkan secara resmi karena soal waktu dan teknis saja.

Andi Muchtar Ali Yusuf adalah Cucu Karaeng Makkarodda, seorang pejuang Veteran Republik Indonesia yang menjadi penantang Belanda saat itu. Pengorbanan dalam perjuangan saat itu membawa mereka sampai direkomendasikan oleh Belanda untuk dikirim ke Cilacap, tapi dengan tangguh dan perlawanan sebagai petarung dan pemberani Karaeng Makkarodda dan Karaeng Mattotorang serta mendapat dukungan dan pembelaan dari pejuang lainnya yang berasal dari Soppeng, Jeneponto, Takalar, Enrekang dan daerah lainnya melawan Belanda hingga  keduanya batal dikirim ke Cilacap.

Karaeng Makkarodda adalah putra dari Karaeng Solehatan Bulukumpa yang memerintah di Bulukumpa beberapa tahun lamanya sebelum Indonesia merdeka tahun 1945 dan meninggal pada masa pemerintahannya sebagai Solehatan Bulukumpa.

Karaeng Solehatan Bulukumpa memiliki 4 putra-putri yakni Karaeng Makkarodda, Karaeng Muhammad Nur, Karaeng Makkasau, dan seorang perempuan yang bernama Karaeng Ceceng.

Anak dan cucu Karaeng Solehatan Bulukumpa pada era itu, hampir semuanya adalah Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, karena jumlah yang banyak antara lain seperti Karaeng Makkarodda, Karaeng Mappatoba, Karaeng Mappangile, Karaeng Abdul Fattah, Karaeng Sabbara dan Karaeng Mappatunru yang gugur di medan perang ditembak oleh Belanda yang kini dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kecamatan Bulukumpa, serta Karaeng Manrihu yang juga ditembak di wilayah kampung Campaga yang kini Desa Tamaona Kecamatan Kindang. Semuanya adalah Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yang mendapat tanda jasa dan penghargaan dari negara dengan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia berstatus golongan A tertinggi. Demikian ulasan sejarah singkat salah seorang Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, ujar Andi Ainun Annisa Sari, salah seorang mahasiswi UNHAS.

Selain anak cucu Veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, Andi Muchtar Ali Yusuf adalah sosok yang Visioner, tegas tapi bijak dan baik hati tanpa membeda bedakan. Hal itulah yang membuat beliau berhasil menjalankan usaha dan bisnisnya hingga menjadi pengusaha yang sukses dan ternama di Indonesia dengan perusahaan yang dipimpinnya adalah PT Amaly.

Dan beberapa tahun yang lalu kedua orang tua A.Muchtar Ali Yusuf Bapak H Andi Muhammad Ali Yusuf dan Ibunda Hj.Karaeng Dalima Makkarodda pernah mewakili Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan tingkat Nasional sebagai orang tua yang berhasil membina putra putrinya menjadi sukses sebagai Keluarga SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH yang direkomendasikan oleh Kemenag secara berjenjang mulai diseleksi ditingkat KUA kecamatan, lalu ke Kemenag Kabupaten hingga ke Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan. Putri pertamanya adalah Prof DR drg Hj Andi Harlina Yusuf Ali, M.Kes.

Sekitar 63 tahun yang lalu Bulukumba resmi menjadi kabupaten Bulukumba dengan Bupatinya dari masa ke masa sebagai berikut :

1. Andi Patarai berasal dari Kecamatan Kajang (1960-1966)

2. H A Bakri Tandaramang Kec Ujung Loe (1966-1978)

3. PLT H.Amin Situru, Desa Bontomanai kec.Rilau Ale (1978)

4. H.A.Hasanuddin, Ujungbulu (1978-1980)

5.Malik Hambali, Kab.Soppeng (1980-1985)

6. A.Kube Dauda, Kab. Wajo (1985-1990)

7. Andi Tamrin, Kab.Soppeng (1990-1995)

8. Andi Patabai Pabokori, kab Bone (1995-2000)

9. H.Andi Patabai Pabokori, kab.Bone (2000-2005)

10. AM..Sukri A.Sappewali, Kec Gantarang (2005-2010)

11. Zainuddin Hasan, Kec.Bontotiro (2010-2015)

12. PLT A.Azikin Sulthan kab Bantaeng (2015)

13. A.M.Sukri A.Sappewali kec Gantarang (2015-2020)

14. H.A.Muchtar Yusuf Ali, Kecamatan Bulukumpa (2021-2026)

Terima kasih kepada masyarakat Bulukumba yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada H. Andi Muchtar Ali Yusuf terpilih jadi Bupati Bulukumba berpasangan dengan H.Andi Edy Manaf ,mantan wakil ketua DPRD kabupaten Bulukumba periode 2009-2014 dan mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Wakil Bupati Bulukumba yang telah membuat sejarah menjadikan orang Kecamatan Bulukumpa menjadi Bupati Bulukumba yang ke 14 secara Demokrasi dan Luber melalui proses Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020. Selamat dan sukses semoga Amanah membawa Bulukumba jauh lebih baik. # Catatan ini dikirim oleh Andi Ainun Annisa Sari ke redaksi media ini.(*)

Komentar

News Feed