oleh

Desa Balambano Diganjar ODF Terbaik Setelah Meraih Predikat Juara 1 Kearsipan

 

Matarakyatmu.com, Luwu Timur || Mendapat predikat sebagai juara dalam ajang penilaian Arsip dalam pemerintahan desa dikabupaten Luwu Timur, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda kembali mendapatkan gelar Open Defecation Free (ODF) terbaik. Senin (28/12/2020).

Penilaian ODF sendiri dilakukan tim kesehatan Kabupaten Luwu Timur yang melihat langsung kondisi wilayah Desa Balambano yang giat memberikan bantuan Jamban Sehat kepada masyarakat atau komunitas desanya.

Diketahui, pembuangan tinja (kotoran manusia) yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutus rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses pembuangan ini.

Sehingga agar usaha tersebut berhasil, pemerintah Desa Balambano fokus untuk pada pemberian bantuan Jamban Sehat kepada seluruh masyarakatnya. Untuk saat ini, pemerintah Desa Balambano telah menyalurkan dan membuat Jamban Sehat sebanyak 40 an unit melalui anggaran Desa.

“Alhamdulillah, kami pemerintah Desa Balambano merasa bersyukur atas raihan penghargaan ini, dan kami akan terus berbenah dan memberikan yang terbaik bagi daerah terutama bagi masyarakat Desa Balambano,” ucap Khaerullah. S Ag, kades Balambano.

Untuk diketahui, masyarakat dikatakan telah ODF jika ;
– semua masyarakat telah BAB hanya di jamban, dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.
– tidak terlihat tinja (kotoran manusia) dilingkungan sekitar.
– ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai Jamban Sehat.
– tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja
– DLL.
(**)

Komentar

News Feed