oleh

Seharusnya Bulukumba Jauh Lebih Tua Ratusan Tahun dari Sekarang

 

Oleh : Suprianto

Mahasiswa Komunikasi Sospol Universitas Indonesia Timur

Matarakyatmu_Bulukumba | Tepat hari ini, Kabupeten Bulukumba telah genap berusia 61 tahun secara administrasi, walaupun diluar sana ada banyak penggiat budaya yang mengatakan jika seharusnya bulukumba jauh lebih tua ratusan tahun dari sekarang. Semakin bertambahnya usia sebuah daerah itu menandakan semakin banyaknya persoalan-persoalan yang telah ataupun belum selesai.

Ukuran dari sejahtranya sebuah daerah diukur melalui angka secara administratif oleh lembaga statistik, Gambaran secara menyeluruh dibuat dalam angka. Apakah benar demikian ? bisa ia bisa tidak, karna hitungan secara matematis selalu memiliki kelebihan atau kekurangan yang dibulatkan.

Pemilukada Kabupaten Bulukumba baru saja usai, pesta demokrasi terbesar telah sukses diselenggarakan. itu artinya sebagian besar masyarakat Bulukumba tengah menunggu asa dari cita-cita paslon terpilih yang dituangkan dalam visi dan misi.

Tiga hingga Lima bulan sebelumnya kita telah sukses mengelompokkan diri dalam bingkai perbedaan, perbedaan pilihan dalam menentukan pemimpin banyak menyisakan perselisihan dan ketegangan bahkan pertumpahan darah, beberapa bulan sebelumnya kita diperlihatkan bagaimana ketegangan yang terjadi di kecamatan bulukumpa dan di kecamatan lain, bagaimana perang opini hingga hujatan di media sosial. pemandangan seperti ini bukan kali ini saja terjadi, pada tahun 2015 hal serupa pun terjadi, dimana media sosial sebagai arena untuk menggaet simpatik masyarakat dengan postif dan black campaign.

Pesta telah usai, saatnya kembali merajut persatuan. Menjadi pendukung pemerintah adalah pilihan, menjadi oposisi pun pilihan, bahkan untuk tidak memilih menjadi apapun juga pilihan, asalkan kita tetap berada dalam satu ikatan, yaitu Bulukumba. sebagai pemimpin baru, akan banyak pekerjaan dari periode sebelumnya yang belum terlaksana dan harus diselesaikan, tentu menjadi pekerjaan rumah untuk menyesuaikannya di tahun pertama. Kemudian menunaikan janji politiknya sesuai dengan yang tertuang dalam visi dan misinya.

Mari jadikan Bulukumba sebagai kota yang sejuk dalam iklim perbedaan. berbeda adalah keberagaman yang membuktikan jika masyarakat Bulukumba cerdas dalam menentukan karna berdasarkan analisis. Semoga Kita dijauhkan dari Oligarki kekuasaan dan Oligarki Kapital yang kejam itu.

“Selamat Ulang Tahun Butta Panrita Lopi”

Komentar

News Feed