oleh

Di RAT KSP Berkat ke 53 Andi Makkasau Sebut Tahun ini Akan Buka 4 Kantor Cabang

MATARAKYATMU.- Sudah menjadi tradisi bagi pengurus KSP Berkat, setiap melaksanakan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) yang dirangkaikan dengan Ulang Tahun koperasi ini, 25 Februari 1967 – 25 Februari 2021,  selalu membagikan hadiah, baik kepada Anggota maupun kepada Karyawan yang dinilai berprestasi.

Seperti pada RAT ke 53 tahun buku 2020, yang digelar pada Kamis (25/2) di hotel Agri Bulukumba, dibuka Plh Bupati Bulukumba Ir.Andi Misbawati A.Wawo, MP, dihadiri Kadis Koperasi Provinsi Sulsel bersama para Kadis Koperasi se Sulselbar, Ketua Dekopimwil, Dekopimda, para Pengurus, Karyawan dan perwakilan Anggota.

Pengurus  KSP Berkat kembali membagi bagikan hadiah kepada Anggota dan Karyawan, mulai hadiah hiburan sampai hadiah utama berupa Umroh bagi Anggota dan Karyawan serta Sepeda Motor bagi Anggota yang dilakukan dengan cara undian.

Selain itu, bagi tamu dan undangan serta perwakilan anggota yang hadir, juga mendapatkan hadiah langsung berupa baju kaos yang dikemas dalam tas khusus.

Ketua KSP Berkat Bulukumba, DR.Ir.H. Andi Makkasau, MM dalam laporannya menyampaikan, setiap pelaksanaan RAT, pihaknya menyapkan doorprize bagi anggota melalui undian sebagai bentuk kepedulian KSP Berkat terhadap anggotanya.

“ Pemberian Doorprize atau hadiah kepada Anggota dan Karyawan sebagai salah satu bentuk kepedulian KSP Berkat, seperti yang dilaksanakan pada RAT ke 53  KSP Berkat, kami berikan hadiah menarik berupa Umroh, Sepeda motor, Kulkas, Televisi dan hadiah menarik lainnya,” sebut Andi Makkasau sambil menambahkan setiap tahun seluruh Anggota KSP Berkat diberikan paket lebaran jelang Idul Fitri.

Andi Makkasau yang lebih akrab disapa Karaeng Lompo menyebutkan, KSP Berkat yang didirikan pada 25 Februari 1967 silam  oleh Almarhum H.Arifuddin, mempunyai kedudukan yang kuat didalam sistem perekonomian nasional. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1.

Pasal tersebut menunjukkan bahwa kedudukan koperasi sangat penting, karena merupakan badan usaha berdasarkan asas kekeluargaan, sehingga diyakini mampu menopang perekonomian nasional terlebih menggerakkan ekonomi kerakyatan.

” Jadi dengan hadirnya KSP Berkat tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara lebih luas. Sebagaimana motto KSP Berkat,  tumbuh bersama, berkembang bersama dan sejahtera bersama,” ungkap Andi Makkasau, sekaligus melaporkan bahwa tahun ini dia bersama pengurus KSP Berkat kembali akan membuka 4 unit kantor Cabang KSP Berkat di Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Sementara Plh Bupati Bulukumba, Andi Misbawati A. Wawo mengatakan, RAT sangat penting dilaksanakan, tidak hanya sekedar agenda rutin tahunan yag menunjukkan kedinamisan lembaga, tetapi lebih dari itu, sebagai tahapan untuk melihat kinerja para pengurusnya dalam membangun dan memajukan koperasi.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap Pengurus dan Jajaran KSP Berkat, atas terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2021, dibawah kepemimpinan DR.Ir. H. A. Makkasau M.M, KSP Berkat menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan mendirikan puluhan cabang di berbagai wilayah kabupaten kota,”  papar Andi Misbawati.

Sebab kata dia, dalam RAT akan disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, serta Laporan Pertanggungjawaban Pengawas.

“ Saya mengharapkan, agar seluruh peserta RAT berpartisipasi aktif pada forum tertinggi dalam koperasi ini,” pesan Plh Bupati Bulukumba.

Ditambahkan,  paradigma pembangunan saat ini adalah pemberdayaan potensi wilayah yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan dimaksud termasuk juga pemberdayaan kegiatan usaha kecil dan menengah.

Terkait dengan pengembangan koperasi, dalam kondisi sosial dan ekonomi yang sangat diwarnai oleh peranan dunia usaha, maka mau tidak mau peran dan kedudukan koperasi dalam masyarakat akan sangat ditentukan oleh perannya dalam kegiatan usaha.

Koperasi yang berdasarkan kekeluargaan, gotong royong merupakan “sosial capital” yang dimiliki bangsa Indonesia dapat mempertahankan dampak globalisasi dan krisis moneter.

Peningkatan peran dan kegiatan usaha koperasi semakin nampak, dimana pertumbuhan dan peran sektor koperasi dan UMKM di dalam perekonomian nasional terus meningkat, tidak saja karena ketangguhannya dalam menghadapi berbagai kejutan ekonomi, tetapi juga kemampuannya yang lebih besar dalam menyediakan lapangan kerja dan mengatasi masalah kemiskinan.

Olehnya itu, sebagai lembaga ekonomi yang tumbuh di daerah dan mampu melakukan ekspansi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, maka KSP Berkat diharapkan dapat semakin kokoh dan memperkuat fundamental ekonomi daerah kita.

” Saya kira kemajuan dan perkembangan dari KSP Berkat juga tidak lepas dari motto organisasi, yaitu “Maju Bersama, Berkembang Bersama, dan Bahagia Bersama”  dan melalui momentum ini, saya mengajak hadirin sekalian senantiasa menjaga nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial, dan serta penciptaan iklim stabilitas demi kelangsungan pembangunan yang kita rasakan selama ini,” pesan Andi Misbawati yang juga Penjabat Sekda Bulukumba.-

-Suaedy Moel.-

Komentar

News Feed