oleh

Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba Sosialisasi Soal Keamanan Pangan

MATARAKYATMU.- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba yang dinahkodai Plt Kadis Hj.Darmawati,  baru saja melaksanakan kegiatan Sosialisasi terkait Keamanan Pangan kepada kelembagaan Tani di 4 Kecamatan.

Sosialisasi tersebut digelar mulai tgl 15 Maret dan 16 Maret di Kecamatan Rilau Ale dan tanggal 22-23 Maret digelar di Kecamatan Gantarang, Bontobahari dan Ujungbulu, diikuti 25 orang tiap Kecamatan.

Muhtar Hakim, Kabid Keamanan Pangan menjelaskan, setiap Kecamatan diikuti 25 orang, berasal dari kelompok Tani, Gapoktan serta Kelompok Wanita Tani (KWT) yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pemahaman para peserta dalam memilih, mengolah dan memproduksi bahan pangan segar yang aman di konsumsi.

Menurutnya, Pangan yang aman sangat penting perannya dalam peningkatan Sumber Daya manusia sesuai UU Nomor 18 tahun 2012, tentang Pangan yang mengamanatkan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan hak azasi manusia.

” Pangan yang aman adalah yang terbebas dari cemaran Biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk hidup sehat, aktif dan produktif,” jelas Muhtar Hakim.

Pada kegiatan sosialisasi ini melibatkan narasumber berasal dari Dinas Ketahanan Pangan diantaranya Sekretaris, Kabid Keamanan pangan, Bidang Ketersediaan dan Kerawanan pangan serta Bidang Konsumsi dan Peganekaragaman dan Konsumsi Pangan.-( Suaedy )

Komentar

News Feed