oleh

Plt Kadis Ketahanan Pangan Buka Bimtek Keamanan Pangan Keluarga Bagi Pengurus KWT

MATARAKYATMU.- Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba, Hj.Darmawati, Selasa (30/3) membuka Bimbingan Tekhnis ( Bimtek ) Keamanan Pangan Keluarga dihadiri 25 orang peserta berasal dari 10 kecamatan, aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba, dengajln tetap mematuhi prokes.

Hj.Darmawati SE dihadapan peserta yang sehari harinnya sebagai pelaku utama pembangunan pertanian dalam hal Kelompok Wanita Tani ( KWT ), menyampaikan, agar senantiasa memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang bebas dari residu pestisida, sehingga aman dikonsumsi.

Hj.Darmawati menambahkan, pangan merupakan kebutuhan utama setiap individu, sehingga diharapkan  tersedianya pangan yang tentunya dalam kondisi aman dikonsumsi.

Makanya pemerintah melalui program Pekarangan Pangan Lestari ( P2L ), perlu mendapat perhatian untuk diterapkan pada lahan pekarangan yang ada, utamanya bagi KWT.

Disampaikan,   pangan yang aman sangat penting peranannya dalam upaya peningkatan sumber daya manusia, sehingga segala upaya dilakukan secara optimal, agar pangan yang ada tetat bermutu, tersedia serta aman dikonsumsi sehingga diharapkan kepada semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun produsen berperan menangani hal ini.

” Saya berharap ibu ibu agar menyimak materi yang disampaikan oleh para nara sumber, untuk selanjutnya disampaikan kepada keluarga, dan Anggota KWT di masing masing kelompkok, termasuk keluarga anggota, sehingga informasi tentang pangan yang aman untuk dikomsumsi bisa menyebar dan difahami oleh masyarakat,” pesan Hj.Darmawati.

Sementara itu, Mukhtar Hakim SP, Kepala Bidang Keamanan Pangan melaporkan, bahwa tujuan Pelaksanaan Bimtek ini adalah memberi wawasan dan pemahaman kepada para ibu sebagai garda terdepan didalam rumah tangga untuk mengelola pangan segar yang dimulai saat budi daya, bahkan siap saji serta kebutuhan konsumsi pangan dengan pola B2SA ( Berimbang, Bergizi, Seimbang serta Aman ).

Dilaporkan pula, kegiatan Bimtek ini, pemateri selain dari Dinas Ketahanan Pangan, juga ada dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba dan berlangsung selama 1 hari.- Suaedy.-

Komentar

News Feed