oleh

Bupati Andi Utta Lakukan Panen Raya Hasil Pupuk Organik Agrodyke

MATARAKYATMU.- Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf menghadiri kegiatan panen raya di Desa Bonto Raja, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Selasa, (18/5).

Panen raya yang dilaksanakan di depan kantor Desa Bontoraja hasil kelompok tani 7 Kanang-Kanang dari Demplot yang menggunakan Pupuk Organik Agrodyke.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan patut bersyukur karena panen raya padi hasil Demplot penggunaan pupuk organik Agrodyke bersama kelompok tani masyarakat, bisa dirasakan hasilnya oleh petani.

” Satu kebahagiaan bagi kita semua bahwa Demonstrasi Plot (Demplot) penanaman padi penggunaan pupuk organik ini, menunjukkan hasil yang menggembirakan melalui peningkatan hasil produksi pertanian. Dan saya menilai panen raya ini sangat tepat dan relevan, karena sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi hasil pertanian, melalui penyediaan bibit unggul dan pupuk serta sarana dan prasarana pertanian yang memadai dan merata.” papar Bupati Andi Utta sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya produktivitas dan daya saing pertanian kita.

Salah satu masalahnya kata Bupati, adalah persoalan benih, terutama benih untuk tanaman pangan. Selain itu sarana pengairan irigasi yang belum maksimal dan dampak dari perubahan iklim.

Menurut Bupati, Pemerintah sebagai regulator perbenihan atau pengadaan bibit unggul, memiliki peran yang sangat penting untuk mengarahkan kebijakan perbenihan, agar benar-benar menyentuh persoalan yang berdampak langsung pada pembangunan pertanian.

Kegiatan panen raya padi oleh pihak perusahaan Pupuk Organik Agrodyke ini, merupakan salah satu Pilot Project. Dan kedepan penting menjadi pembelajaran bagi para petani atau kelompok tani dalam menggunakan pupuk organik

Sesuai data, luas areal persawahan di Kabupaten Bulukumba seluas 22.991 Hektar, khusus di Kecamatan Gantarang terdapat 8.055 hektar.

Kemudian berdasarkan data tahun 2020, realisasi tanam sebesar 37.477,05 hektar, produksi panen sebesar 263.745,16 ton dan produktivitas sebesar 6,01 Ton per hektar.

” Salah satu target kinerja Pemerintah di tahun 2021 adalah meningkatkan produktivas hasil pertanian,” sebut Bupati.

Dia menyebut hal ini sejalan dengan misi Pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola Pertanian, Kelautan dan Perikanan yang Berkualitas serta Berdaya Saing untuk memenuhi kebutuhan daerah dan ekspor.

Bupati Andi Utta menyampaikan, program Pemda Bulukumba adalah mewujudkan misi di sektor pertanian dan beberapa program akan dilaksanakan, diantaranya, pengadaan bibit unggul gratis dan Pupuk bersubsidi, serta pengadaan Mesin Pengering Gabah.

Kemudian Pembangunan Embung dan Pengadaan Air melalui Sumur Bor pada wilayah strategis serta Revitalisasi Irigasi atau Pengairan

” Tentunya, untuk meningkatkan produksi pertanian yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, maka dibutuhkan kerja keras dari semua pihak dan instansi terkait, mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa,” terang Andi Utta.

Untuk itu, bupati menyampaikan, diperlukan kerja keras dari semua pihak dan instansi terkait, karena tantangan pembangunan pertanian pada tahun-tahun mendatang semakin kompleks, dengan faktor-faktor yang mempengaruhi sektor pertanian, diantaranya perubahan iklim ekstrim; fragmentasi dan alih fungsi lahan serta kerusakan infrastruktur pertanian.

Fenomena perubahan iklim ekstrim yang terjadi beberapa tahun terakhir ini mengharuskan kita semua dapat melakukan langkah-langkah sistematis mulai dari antisipasi, adaptasi, sampai dengan mitigasi, agar target produksi kita di Kabupaten Bulukumba dapat tercapai dengan baik.

Bupati Bulukumba juga menyampaikan terima kasihnya serta penghargaan kepada pihak perusahaan Pupuk Organik Agrodyke, termasuk Kelompok Tani yang telah melakukan Panen Raya Padi.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed