oleh

Bupati Andi Utta Apresiasi Gerakan Penanaman Pohon

MATARAKYATMU – Kegiatan Gerakan Penghijauan Pohon Turus Jalan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba, Rabu (19/5)  menggelar penanaman pohon di Jalur Lingkar II Pantai Merpati Kelurahan Terang terang Kecamatan Ujungbulu.

Penanaman pohon tersebut, diawali Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf selanjutnya para pejabat yang hadir, diantaranya Wakil Ketua DPRD Hj. Sitti Aminah Syam, Forkopimda, Pj Sekda Ir. A. Misbawati A Wawo, para Kepala OPD, serta para Camat.

Pada kegiatan itu, selain penaman pohon turus jalan, juga dilakukan juga peremajaan pohon yang berfungsi menghasilkan oksigen.

Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan A. Syamsul Mulhayat, mengatakan gerakan penghijauan pohon sebagai rangkaian program pemerintah kabupaten Bulukumba dalam mensukseskan 100 Hari Kerja Bupati dan Wabup.

” Salah satu tujuan penanaman pohon ini untuk menciptakan suasana yang indah dan rindang, serta menjaga kelembaban daerah agar dapat mengurangi dampak pemanasan global,” katanya.

Dilaporkan, program penanaman pohon ini, sebanyak 4000 pohon tersebar di tiga Kecamatan untuk memenuhi gerakan penghijauan pohon turus jalan, masing masing untuk Kecamatan Ujung Bulu sebanyak 1550 pohon Ketapang Kencana, 400 pohon jenis tanjung yang rencananya akan ditanam di turus jalan kota Bulukumba.

Kemudian di Kecamatan Gantarang sebanyak 550 pohon Ketapang kencana, serta di Kecamatan Bonto Bahari sebanyak 800 pohon Ketapang kencana yang rencananya akan ditanam pada turus jalan memasuki Kawasan Tahura Bonto Bahari.

Tak hanya pohon Ketapang kencana, Dinas LHK juga telah menyediakan jenis pohon Tabebuya, dan pohon Coppeng yang berguna sebagai makanan berbagai fauna yang ada di Kawasan Tahura.

Bupati Bulukumba H.A. Muchtar Ali Yusuf, mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut dan berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kehadiran pohon dalam kemaslahatan masyarakat terhadap lingkungan.

“Atas nama pemerintah kabupaten, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini, sebagai wujud kepedulian pemeliharaan lingkungan melalui Gerakan penanaman pohon”, ucap Bupati.

Dari segi lingkungan, kata Andi Utta, sapaan akrabnya, manfaat penghijauan adalah memberi jaminan pengadaan ruang terbuka hijau yang memberikan sistem sirkulasi udara paru – paru kota sebagai sistem mikro, agar sirkulasi udara dan air secara alami dapat berlangsung lancar dan sebagai peneduh dan produsen oksigen alami serta penyerap air hujan.

Kedepan akan ada penanaman dipesisir dan di pinggir jalan yang mana pohon tersebut buahnya bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Bupati meminta Dinas LHK
agar secara bertahap melakukan peremajaan pohon trambesi yang banyak meresahkan masyarakat dan mengganti pohon yang lebih ramah lingkungan seperti pohon Ketapang, tanjung, dan tabebuya atau pohon yang memiliki nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed