oleh

Dua Inovasi Disdukcapil Bulukumba Lolos Seleksi Administrasi KIPP 2021

 

MATARAKYATMU.- Kabar baik dari salah satu OPD pelayanan di Pemda Bulukumba, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meloloskan dua inovasinya kompetisi inovasi di tingkat pusat.

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil A.Mulyati Nur, bahwa dua inovasi Disdukcapil Bulukumba berhasil lolos seleksi administrasi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021, yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan surat Deputi Bidang Pelayanan Publik No: B/88/PP.05/2021 Perihal Pengumuman Hasil Seleksi Admistrasi KIPP 2021.

Dalam pengumuman tersebut, kedua Inovasi yang lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti penilaian tahap selanjutnya adalah inovasi Adminduk Inklusif dan inovasi Ramah Adat untuk katagori umum.

Lanjut, Mulyati Nur, bahwa kedua inovasi ini memang merupakan unggulan inovasi yang dimiliki oleh Disdukcapil Bulukumba, karena kedua inovasi ini memiliki keunggulan dalam layanan yang terintegrasi.

“Tidak hanya secara internal di OPD Bulukumba tetapi sudah menjangkau lebih luas integrasinya seperti BPJS, Rumah Sakit dan lembaga lainnya,” bebernya.

Kadisdukcapil Mulyati Nur, memohon doa dan dukungannya semoga inovasi Adminduk Inklusif dan Ramah Adat bisa berhasil lolos pada tahap tahapan berikutnya masuk 5 besar inovasi terbaik nasional.

Diketahui inovasi Administrasi Inklusif adalah program yang melibatkan berbagai lembaga lain dalam membantu mencapai cakupan layanan kependudukan. Lembaga mitra tersebut, seperti PPDI, BKPRMI, TP PKK, KONI, dan Dai Muda Bulukumba.

Adapun inovasi Ramah Adat adalah program jemput bola, dimana pihak Disdukcapil melakukan perekaman e-KTP secara langsung di pintu gerbang Kawasan Adat Ammatoa Kajang.

Selain itu Disdukcapil berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk menghargai budaya adat setempat, dimana warga di kawasan Adat Ammatoa, tetap dibolehkan mengenakan Passapu di kepala saat berfoto KTP.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed