oleh

Jawab Program 100 Hari Kerjanya, Bupati Andi Utta Canangkan 1000 Rumpon di Bontobahari

MATARAKYATMU.- Bupati Bulukumba, HA. Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Andi Utta, mencanangkan Program 1000 Rumpon, di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bonto Bahari, Kelurahan Tanah Beru Kec. Bonto Bahari, Selasa (25 /5).

Pencanangan 1000 Rumpon ini sekaligus menjawab program 100 hari kerja pasangan Bupati / Wakil Bupati Bulukumba, Andi Utta – A.Edy Manaf yang dilantik pada 26 Pebruari 2021 lalu.

Sebelum Bupati Bulukumba mencanangkan program 1000 rumpon, Kadis Perikanan Bulukumba Alfian Andi Mallihungan melaporkan,
program 1000 rumpon adalah program cerdas dari Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba untuk mendongkrak kesejahteraan nelayan, sebagai alat bantu penangkapan sangat vital dalam meningkatkan produksi.

Alfian melaporkan, sebelum adanya rumpon, penangkapan ikan di laut tidak menentu karena nelayan pergi melaut untuk mencari ikan, kadang gagal menemukan lokasi fishing ground, karena mereka hanya mengandalkan insting dan pengalaman yang sudah didapatkan secara turun menurun.

Namun, dengan penggunaan rumpon, umpan lokasi fishing ground tentu lebih pasti untuk mencari ikan pelagis, ikan tuna, ikan cakalang.

Sementara itu, Bupati Andi Utta
dihadapan ratusan orang, termasuk Wabup A.Edy Manaf, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, serta nelayan, Bupati Andi Utta
mengapresiasi kinerja Kepala Dinas Perikanan Bulukumba bersama jajarannya dengan cepat merespon pelaksanaan gerakan 1000 rumpon di Kabupaten Bulukumba sebagai program dan visi misi jabatannya.

“Program ini merupakan janji kami yang tertuang dalam visi/ misi kami, yang akan memberikan pengaruh atau dampak ekonomi yang lebih besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di Kabupaten Bulukumba,” sebut Andi Utta.

Dengan gayanya yang sederhana, Andi Utta menyebut, program 1000 rumpon ini, akan memaksimalkan tangkapan ikan nelayan.

” Setahu saya, dengan panjang pantai Bulukumba 128 km, kalau tidak salah tercatat hanya 5 hektar terumbu karang dan ini harus kita maksimalkan,” tegas Andi Utta yang faham betul soal Perikanan.

“Yang harus kita bisa maksimalkan sebagaimana kita lihat dari batas Bantaeng- Bulukumba dan Bulukumba-Sinjai Adapun wilayah yang potensinya luar biasa yakni perbatasan Sinjai. Tentu adanya rumpon, ada rumah plankton, ada plankton ada ikan kecil, jika ada ikan kecil baru ada ikan besar,” katanya.

Selain itu, Andi Utta juga berjanji akan memprograkan peralatan untuk petani rumput laut yang terbuat dari pipa parolong. ” Pokoknya kami akan berusaha maksimal agar saudara kami yang berusaha di laut, ekonominya lebih meningkat,” terang Andi Muchtar Ali Yusuf sambil menyebutkan semua programnya yang tertuang pada visi misinya adalah natural atau lahir dari dirinya, bukan dari konsultan, akademisi atau lainnya. Yang pasti tetap dikerja, bukan dicerita.- Suaedy.-

Komentar

News Feed