oleh

Pengabdian Masyarakat, Ini Dilakukan SD Inpres Malino bersama Prodi IKom UIT

 

Matarakyatmu | Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (Fisip) Universitas Indonesia Timur (UIT) Berbagi Ilmu dan Kemampuan Mahasiswa IKOM dengan menerapkan Pembuatan Materi Pembelajaran Berbasis Multimedia.

 

Serangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut bekerjasama Sekolah Dasar (SD) Inpres Malino, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengabdian Masyarakat yang digelar Prodi IKom Fisip UIT merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial dan Mengajar dengan tujuan menciptakan inovasi teknologi untuk mendorong pembelajaran kreatif berbasis teknologi komunikasi Multimedia kepada guru didik demi kepentingan peserta didik berdasarkan hasil penelitian serta memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam sambutannya, Ketua Tim PKM Prodi Ilmu Komunikasi Mitha Mayestika Kuen, S.IP, M.I.Kom memaparkan,”Diharapkan dengan digelarnya PKM ini menambah skill (kemampuan) dalam penerapan pembuatan materi pembelajaran berbasis multimedia yang mengikuti jaman sekarang dan menjadi keharusan di masa pandemi ini, ” Ungkapnya.

“Tidak hanya itu, karena sasarannya selain peningkatan skill pada guru juga diharapkan siswa dapat dengan mudah menerima pelajaran dengan metode pembelajaran Yang menarik, ” Jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SD Inpres Malino, Andi Pawa, S.Pd.i, S.Pd mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas pengabdian yang dilakukan oleh Prodi IKom UIT.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kebaikan dan kemurahan hati dari tim Prodi IKom UIT yang meluangkan waktu dan memberikan ilmu buat kami para pendidik di sekolah ini, ” Pungkasnya.

Andi Pawa juga menambahkan bahwa pembelajaran kreatif yang diaplikasikan kepada para pendidik akan sangat bermanfaat secara umum dan berguna bagi peserta didik kami pada khususnya demi mencerdaskan penerus bangsa.

 

Sementara, Kaprodi Ilmu Komunikasi, Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.I.Kom sebagai penanggungjawab tim menaruh harapan, ” dengan digelarnya kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, membuka peluang Ilmu Komunikasi Fisip UIT untuk dapat memberikan pembimbingan serta bermitra dengan sekolah-sekolah lain dalam membantu peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM),” Pungkasnya.

“Guru-guru di sekolah dalam memberikan pelajaran yang efektif, efisien dan lebih menarik berbasis teknologi multi media. Serta dapat menunjukan kemampuan dosen-dosen Ilmu Komunikasi Fisip UIT dalam melakukan pengabdian masyarakat dengan berbagi ilmu dan kemampuan mahasiswa IKOM terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat ini,” Tambahnya.

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

Secara umum program dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih (preferential option for the poor) pada semua strata, yaitu masyarakat yang tersisih secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya, serta alih teknologi, ilmu, dan seni kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia dan kelestarian sumber daya alam._@ly_

Komentar

News Feed