oleh

Andi Iqbal Paparkan Materi Dihadapan Pengurus KWT Lestari

MATARAKYATMU.- Andi M. Iqbal, SP yang sehari harinya menjabat Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba, tampil menyampaikan materi bersama Irma Suryani Jamal, S.Pt (PPL desa Barombong), pada kegiatan Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Rabu ( 23/6).

Kegiatan pelatihan ini digelar di lokasi KWT Srikandi Desa Barombong kec. Gantarang, diikuti para pengurus dan anggota KWT Srikandi.

Dihadapan peserta pelatihan, A.Ikbal menyampaikan, salah satu tujuan dari kegiatan ini, untuk menambah pengetahuan anggota KWT tentang teknik budidaya sayuran pola pekarangan dan penanggulangan hama terpadu yang ramah lingkungan.

Menurutnya, pekarangan adalah lahan yang ada di depan, samping dan belakang rumah yang dibatasi oleh pagar dan dapat digunakan untuk melakukan budidaya sayuran.

” Jenis sayuran yang bisa dibudidayakan di pekarangan adalah sayuran jangka pendek seperti terong, tomat, cabe, kangkung, bayam dan sebagainya,” jelas Ikbal.

Sementara itu Irma Suryani juga berbicara soal pengendalian hama terpadu

Menurutnya, untuk lahan pekarangan pengendalian hama tidak dianjurkan menggunakan pestisida kimia.

” Untuk membuat pestisida alami, bisa menggunakan bahan yg mudah diperoleh seperti daun pepaya, daun serikaya, daun sereh, air bekas rebusan merica dan sebagainya,” jelas Irma.

Sementara itu, Plt Kadis Ketahanan Pangan Bulukumba Hj.Darmawati mengapresiasi apa yang dilakukan Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan yang turun bersama tenaga PPL memberikan pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L), yang diharapkan apa yang disampaikan kedua pamateri ini bisa dipraktekkan dalam kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan khususnya bagi pengurus dan anggota KWT Srikandi Desa Barombong yang telah mengikuti pelatihan.- Suaedy.-

Komentar

News Feed