oleh

Bupati Andi Utta Kukuhkan Pengurus Lembaga Pemerhati Tani Harapan Baru

MATARAKYATMU.- Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf, Kamis (1/7) malam ini mengukuhkan pengurus Lembaga Pemerhati Tani Harapan Baru ( LPT HB) periode 2021-2026 yang diketuai Andi Muchtiar Mappamadeng,  di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, dihadiri Wakil Bupati HA.Edy Manaf, Penaehat LPT HB HA.Syafruddin Amjar, HM.Idris Aman, Kaharuddin Muslim dan tokoh lainnya.

Nampak pula hadir Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Emil Yusri, Kadis Perikanan Alfian, Plt Kadis Ketahanan Pangan Hj.Darmawati dan mewakili Kadis Peternakan A.Syamsir.

Bupati Andi Utta dalam sambutannya menyampaikan,
selamat dan sukses kepada para pengurus yang baru saja dilantik, semoga amanah organisasi dapat dijalankan dalam upaya kita mengakselerasi seluruh potensi untuk membangun dan memberdayakan petani di Kabupaten Bulukumba.

Disampaikan, kepercayaan dan amanah sebagai pengurus lembaga ini, hendaknya menjadi spirit, motivasi dan inspirasi untuk lebih meningkatkan pengabdian serta sumbangsih dalam rangka  pembangunan kualitas kehidupan masyarakat dan daerah yang kita cintai, melalui aktualisasi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan.

Sebagai organisasi berhimpunnya para petani, peternak, nelayan, dan stakeholder pertanian lainnya, kata Bupati,tentu diharapkan wadah persatuan ini mampu memberikan stimulan dan kerja nyata dalam meningkatkan kesejahteraan para petani peternak dan nelayan, yang merupakan profesi atau mata pencaharian utama masyarakat Kabupaten Bulukumba dalam menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

” Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada para pengurus dan anggota LPT-HB untuk berkonstribusi pada upaya-upaya dan langkah-langkah strategis dalam mengatasi berbagai permasalahan di bidang pertanian, untuk kemudian bersama-sama mengambil peran  dalam mengelola pertanian dengan sumber daya alam dan SDM yang kita miliki,” harap Bupati Andi Utta, demikian sapaan akrab A.Muchtar Ali Yusuf.

Dia juga berharap lembaga ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pemberdayaan petani, membantu pengembangan pertanian, baik pada tahap produksi maupun pada tahap pengolahan hasil produksi pertanian.

” Kalau produksi dan produktivitas pertanian kita meningkat, kita akan dapat membangun ketahanan pangan,” sebut Bupati.

Bupati menyebut, kalau kita memiliki ketahanan pangan, maka tidak usah cemas karena kurang lebih 400 ribu saudara-saudara kita pasti akan dapat dipenuhi kebutuhan pangannya, bahkan kita akan surplus untuk memenuhi kebutuhan luar Kabupaten Bulukumba, seperti beras, tanaman hortikultura maupun ternak sapi.

” Kalau petani kita sejahtera, maka ekonomi daerah kita akan bertumbuh, dan pusat-pusat ekonomi akan terus bergerak seiring kebutuhan masyarakat. Kalau petani kita berhasil meningkatkan produksi dan produktivitas tentu ketahanan pangan kita juga meningkat,” katanya.

Dalam rangka melaksanakan kebijakan pertanian, maka Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan terus memberikan perhatian, baik penganggaran maupun kebijakan yang berpihak pada sektor pertanian.

” Olehnya itu, salah satu misi program pemerintahan ini adalah, pengadaan bibit unggul sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masyarakat,” sebut Andi Utta.

” Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan, agar kebijakan Pemerintah tersebut dapat terus dikawal, agar peningkatan pangan dan kesejahteraan para petani juga berhasil, maka saya mengajak para pengurus dan anggota LPT- HB ini untuk terjun langsung memberikan perhatian bagi program dan kegiatan pertanian, seperti penyuluhan dalam rangka mengedukasi para petani, khususnya dalam menerapkan inovasi dan teknologi pertanian,” pesan Bupati.

Bupati juga mewarning seluruh OPD nya agar dimasa pemerintahannya, agar bekerja profesional dan berpihak kepada masyarakat, sesuai dengan tagline yang diusung Dikerja Bukan Dicerita, We Love Bulukumba.- ( Suaedy )

Komentar

News Feed