oleh

Ini Disampaikan Tim Ahli Bupati Bulukumba Dihadapan Kepala OPD

MATARAKYATMU– Tim Ahli Bupati Bulukumba Dr. Ir. Andi Irwan Nur. M. Env.St menjadi Narasumber pada Rapat Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bulukumba, di Aula Bappeda, Kamis (9/9).

Andi Irwan adalah putra kelahiran Bulukumba yang sukses berkiprah sebagai Dosen di Universitas Halouleo Kendari, memaparkan Konsep dan Strategi Pembangunan Kawasan Perdesaan yang juga menjadi bagian dari Implementasi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba 2021-2026.

Pada rakor tersebut Kepala Bappeda Ferryawan Z Fahmi memimpin rapat menyampaikan tujuan dilaksanakannya Rakor yakni saling mendengar dan memberikan masukan terkait konsep pembangunan kawasan perdesaan di Kabupaten Bulukumba agar pengembangan potensi-potensi di desa bisa meningkat serta di harapkan konsep tersebut dapat terealisasi mengingat pembangunan kawasan perdesaan merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wabup.

“Kita harapkan konsep yang akan kita susun ini bisa terealisasikan , saya juga meminta kita semua sama – sama berkontribusi memberikan saran dan masukan terhadap konsep Pembangunan Kawasan Perdesaan di Kabupaten Bulukumba,” terang Ferryawan saat memimpin rapat.

Dalam paparan konsep dan strategi Pembangunan Kawasan Perdesaan, Andi Irwan yang juga adik dari Andi Nurdiana Nur, mantan Asisten Pemerintahan Pemkab Bulukumba yang sudah memasuki masa purbabakti, merespon berbagai masukan dan saran peserta rapat.

A.Irwan menjelaskan, langkah awal yang harus dilakukan yaitu melakukan pemetaan terhadap wilayah perdesaan di Kabupaten Bulukumba yang mengacu pada 3 pendekatan sektor yakni pariwisata, pertanian, serta perikanan.

Andi Irwan Nur yang merupakan jebolan York University Toronto Kanada menambahkan, diperlukan pula supporting dari seluruh stakeholder dalam melakukan pemetaan tersebut dengan data – data pendukung untuk penetapan kawasan perdesaan, dimana inisiatif dari desa diperlukan dalam melakukan penetapan.

” Ontervensi untuk penetapan kawasan ini adalah menjadi prioritas kita yang juga harus disinkronkan dengan perencanaan yang ada di kabupaten,” sebut Andi Irwan.

Selain itu perlunya memperkuat infrastruktur telekomunikasi dalam rangka mendorong pemanfaatan teknologi digital dalam pembangunan di segala sektor, khususnya dalam pemasaran ataupun promosi terhadap potensi yang ada di desa.

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa wilayah di Kabupaten Bulukumba yang termasuk dalam Blank Spot Area atau wilayah yang belum terjangkau akses internet sehingga perlunya infrastruktur di area tersebut dalam mengakses internet.

Pada rakor tersebut hadir sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Pendamping Desa yang tergabung dalam Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (TKPKD) Kabupaten Bulukumba.-( Rilis /Suaedy )

Komentar

News Feed