oleh

Permudah Zakat dan Sedekah Digitalisasi, BI bersama Bank Sulselbar Sosialisasi Penggunaan di QRIS

MATARAKYATMU.- Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan bersama Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, melakukan Sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan penyerahan program sosial dari Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) di Masjid Al- Muawanah Kelurahan Terang-Terang Kecamatan Ujung Bulu, Jumat (26/11/2021).

Sosialisasi tersebut diharapkan dapat mencapai target program penggunaan QRIS di seluruh Masjid yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Deputi perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Widjanarko mengatakan, sejatinya penggunaan QRIS ini, demi memudahkan masyarakat yang ingin berinfaq dan bersedekah.

”Kami ini mendapatkan amanah dari Dewan Masjid Indonesia untuk melakukan kerjasama dengan pengurus masjid di Sulsel untuk penggunaan QRIS ini,” ungkap Rudy.

Ditambahkan, Program QRIS tersebut merupakan program Nasional.

” Untuk Sulawesi Selatan sendiri, kami menggandeng Bank Sulselbar sebagai mitra untuk meng”QRIS”kan masjid yang ada di Sulselbar. Bukan hanya itu, bahkan pihaknya mengajak perbankan lain sebagai perluasan untuk sama-sama bisa meng”QRIS”kan Masjid-masjid yang ada di Sulsel,” papar Rudy

Saat ini, katana, ada yang namanya aplikasi Sistem Informasi Masjid (Simas) makanya di perbankan diluncurkan QRIS.

Sementara untuk pihak Bank Sulselbar, Kepala Seksi Pemasaran Muh. Nasrum mengatakan, untuk Masjid Al- Muawanah ini merupakan masjid yang pertama (Pionir) di Bulukumba menggunakan QRIS, dan sudah berjalan baik.

“Memang pada dasarnya, Masjid (Al-Muawanah) ini dulu yang menjadi Pilot Project di Bulukumba, dan di Bulukumba itu sudah ada 2 Masjid, tapi memang Masjid ini paling aktif,” kata Nasrum.

Ia menambahkan, untuk tahun 2021 telah ditargetkan puluhan Masjid yang sudah menggunakan QRIS, namun untuk pembuatan Barcodenya membutuhkan proses.

Sementara saat ini, baru dua Masjid yang berjalan, namun beberapa Masjid lain sudah sementara tahap komunikasi dengan pengurusnya.

Ditempat lain, pada saat jajaran Bank Indonesia Sulsel dan Bank Sulselbar Cabang Bulukumba juga melakukan audiensi kepada Pemkab Bulukumba terkait impelementasi QRIS disektor pariwisata.

Setelah mendengarkan paparan mengenai keuntungan penggunaan QRIS diberbagai sektor, Wakil Bupati H. A. Edy Manaf menyambut baik serta memberikan respon positif terhadap transaksi berbasis elektronik yang rencananya akan diterapkan di Kabupaten Bulukumba.

Menurutnya, hal itu menjadi penting sebab dapat memberikan kemudahan dalam melakukan segala macam transaksi, termasuk didalamnya pembayaran pajak retribusi secara elektronik sehingga akan berdampak pada peningkatan PAD.

“Saya kira ini penting, sebab erat kaitannya dengan pengelolaan pendapatan daerah,” kata Wabup saat ditemui di ruang rapat Bupati.

Selain itu, dalam menyambut era digitalisasi transaksi berbasis elektronik, Wabup Edy Manaf menyatakan dibutuhkan persiapan serta penyesuaian terlebih dahulu dalam pengaplikasiannya, sehingga penting dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada stakeholder terkait termasuk kepada masyarakat sebagai pelaku kegiatan ekonomi.

“Banyak hal yang butuh persiapan dalam melakukan digitalisasi disistem pemerintahan. dan saya rasa mau tidak mau kita harus siap menghadapi era digital saat ini,” kata Edy Manaf.

Ditegaskan, pihaknya sangat terbuka dalam membangun Bulukumba yang lebih maju dan dengan program ini banyak sumber-sumber pendapatan yang bisa kita maksimalkan.

Untuk itu, sebagai bentuk kerja sama dalam pengelolaan digitalisasi retribusi dan pendapatan daerah, Bank Sulselbar Cabang Bulukumba melalui Kasi Pemasaran Muh. Nasrum menyerahkan Quick Response Code Indonesian Standard kepada Pemkab Bulukumba yang diterima langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Muh. Ali Saleng disaksikan Wabup H. A. Edy Manaf serta jajaran Bank Indonesia Sulsel dan jajaran Bank Sulselbar Cabang Bulukumba.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed