oleh

SAR Brimob Batalyon C Pelopor Patroli ke Wilayah Rawan Banjir

MATARAKYATMU.- Tingginya curah hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Bone dalam waktu 2 hari terakhir ini, mengakibatkan beberapa tempat yang berada di sekitar bantaran sungai berstatus waspada banjir.

Menyikapi hal tersebut Tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar patroli pemantauan di beberapa lokasi yang memiliki tingkat kerawanan banjir seperti di wilayah Kecamatan Barebbo dan Sibulue, Selasa ( 07/12/21 ).

Selain melaksanakan patroli ke wilayah rawan banjir di Bone, tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga melakukan koordinasi dengan Polsek serta tokoh masyarakat setempat untuk memetakan desa-desa yang berpotensi tinggi terkena dampak paling parah akibat luapan air sungai, utamanya ketika curah hujan tinggi seperti yang terjadi saat ini.

Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. kepada awak media membenarkan kegiatan patroli SAR Brimob Bone ke wilayah rawan banjir tersebut.

” Seperti yang kita lihat bersama, beberapa hari ini Kabupaten Bone terus dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Untuk itu saya perintahkan kepada tim SAR untuk melakukan pemantauan langsung ke lokasi rawan banjir seperti di Kecamatan Barebbo dan Sibulue. Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk respon cepat dalam hal penanganan bencana khususnya banjir di Kabupaten Bone. Kami juga siap membantu warga yang membutuhkan pertolongan untuk proses evakuasi apabila rumah mereka tergenang banjir,” papar Kompol Nur Ichsan.

Mantan Kasubbagrenmin Sat Brimob Polda Sulsel ini menambahkan, selain melakukan patroli, tim SAR Batalyon C Pelopor juga melaksanakan siaga di posko SAR Mako Brimob Bone selama 1 X 24 jam.

” Selain melakukan patroli ke lokasi-lokasi rawan banjir, tim SAR kami juga melakukan siaga di posko SAR selama 1 x 24 jam untuk memantau perkembangan situasi bencana di wilayah-wilayah backup Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel seperti di Kabupaten Wajo, Soppeng, Sinjai, Bulukumba dan Selayar,” tambah perwira berpangkat satu melati tersebut.

“ Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres dan Kalaksa BPBD yang merupakan wilayah back up Batalyon C Pelopor , mana kala membutuhkan perkuatan dari Brimob, kami siap diterjunkan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” tandasnya.

Adapun lokasi-lokasi rawan banjir di Kabupaten Bone yang disambangi oleh tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel diantaranya Desa Sugiale Kecamatan Barebbo, Desa Pakkasalo, Cinnong dan Tadang Palie yang semuanya berada di Kecamatan Sibulue.

Selain menyiagakan para personel SAR, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga menyiagakan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pertolongan serta evakuasi warga korban banjir di Mako Batalyon C Pelopor.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed