oleh

Mantap Pemkab Bulukumba Dorong Meterisasi Penerangan Jalan Umum

MATARAKYATMU,- PT PLN (Persero) UP3 Bulukumba bersama Pemkab Bulukumba menandatanganan perjanjian kerjasama Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Selain itu, PLN UP3 Bulukumba juga menyerahkan secara simbolis 1900 bibit pohon produktif.

Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf berharap dengan penandatanganan tersebut, dapat memaksimalkan program penerangan jalan. Sebab itu katanya, menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam beraktifitas.

Muchtar Ali Yusuf menyambut baik kerjasama PT. PLN UP3 Bulukumba dan menilai meterisasi dapat menekan biaya secara efisien sehingga PJU di Bulukumba lebih maksimal.

“Kalau penerangan jalan maksimal, maka kegiatan masyarakat khususnya pada sektor ekonomi dapat ditingkatkan. Selain itu, dapat menekan angka kriminalitas di malam hari,” kata Bupati yang akrab disapa Andi Utta pada acara penandatanganan di Aula PLN UP3 Bulukumba, Rabu 19 Januari 2022.

Menurut Andi Utta, PLN dengan ketersediaan energi juga diharapkan dapat membackup kebutuhan investasi, terutama pada sektor pariwisata nantinya.

“Semoga pandemi mereda, sehingga ada penambahan pendapatan dari PPJ pada 2022 ini,” jelasnya.

Manajer PLN UP3 Bulukumba, Leandra Agung Tri Radi Putra menyebut PPJ disetor ke Pemda. Pada 2019 katanya, pajak dari pendapatan PPJ itu sebesar 14,7 miliar.

“Di 2020 stagnan 14,7 miliar karena yang subsidi tidak dikenakan pajak. Barulah di 2021 kemarin, meningkat menjadi 15,6 miliar,” urainya.

Leandra menyebut pajak pendapatan dari sektor industri paling rendah, hanya di kisaran 4 persen. Sementara, tarif rumah tangga dan bisnis cukup maksimal.

“Dari sektor industri, kami mencoba menarik investor dari luar. Ada beberapa pengusaha tambak udang berminat,” ungkapnya.

Ia menambahkan sistem kelistrikan di Bulukumba saat ini cukup aman. Sebab mendapat suplay dari dua sisi, yaitu dari Jeneponto dan Sinjai.

Leandra menjelaskan ada beberapa program PLN terkait PJU yakni dengan melakukan inventarisasi PJU dan membuat peta PJU Kabupaten Bulukumba antara PT. PLN Persero dengan Dinas Perhubungan, serta melaksanakan meterisasi PJU di Kabupaten Bulukumba.

“Kami juga memiliki program PJU Mandiri, dimana setiap desa kami akan menyediakan KWH dan masing-masing desa bisa membeli token sendiri, baik menggunakan anggaran desa dan sebagainya,” ungkap Leandra.

Untuk penyerahan 1900 bibit pohon produktif, tambah Riandra, merupakan inisiatif untuk mengambil peran dalam penghijauan demi menjaga lingkungan, serta mendukung program bibit unggul pemerintah daerah.

“Kita serahkan pohon produktif seperti durian, rambutan dan mangga,” imbuhnya.

Penandatanganan yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan ini, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan, Amry, Sekretaris Perhubungan Idham Khalid Patunru, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, M. Ramli, dan sejumlah karyawan PLN UP3 Bulukumba.

Untuk diketahui saat ini tugas dan kewenangan terkait urusan penerangan jalan umum sudah ditangani oleh Dinas Perhubungan yang tahun tahun sebelumnya menjadi tugas Dinas PUTR.-(*)

Editor Suaedy

Komentar

News Feed