oleh

Plt Gubernur Sulsel Titip Salam kepada Karaeng Lompo di RAT ke 54 KSP Berkat

MATARAKYATMU.- Ada yang menarik pada Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) KSP Berkat ke 54 yang digelar, Sabtu (26/2) di hotel Agri Bulukumba, dimana Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirma n Sulaiman menitip salam kepada Ketua KSP Berkat Dr.Ir.H.Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo.

Salam tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi selatan H.Abdul Malik Faisal, SH, M.PEMB saat menyampaikan sambutan di hadapan Ketua KSP Berkat, Forkopimda, para Kadis Koperasi dan UKM se Sulawesi dan perwakilan Anggota.

” Hadirin yang saya hormati, Saya ingin menyampaikan salam hormat dari bapak Plt Gubernur Provinsi Selatan bapak Andi Sudirman Sulaiman kepada Karaeng Lompo. Pemerintah provinsi Selatan memberikan apresiasi kepada pengurus dan pengawas KSP Berkat yang telah bekerja dengan baik dan efektif, sehingga pelaksanaan RAT 54 tahun buku 202 dapat dilaksanakan tepat waktu,” papar Abdul Malik Faisal.

Menurutnya, pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan yang dilaksanakan pada hari ini, mengagendakan evaluasi laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2021 dan merencanakan program kerja Tahun 2022.

” Saya menilai KSP Berkat telah berperan dengan baik dalam rangka pemberian pelayanan kepada anggota, sebagai wujud keterkaitan kegiatan yang dilakukan koperasi dengan anggotanya,”
katanya.

Hal ini menjadi kegiatan yang mendasar bahwa Koperasi dari anggota untuk anggota.

Disebutkan keberadaan Koperasi sangat erat keterkaitannya,  Koperasi dituntut untuk memberikan pelayanan kepada anggota dan anggota juga memberikan partisipasi aktif kepada koperasinya.

” Potensi pengembangan Koperasi Simpan Pinjam Berkat Bulukumba cukup besar. Jumlah anggotanya terus meningkat. Ini suatu hal yang luar biasa, meskipun kita masih berada pada masa pandemi Covid 19, tetapi KSP Berkat tetap bisa menambah anggotanya, ini sangat luar biasa,” puji Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel.

Seperti disampaikan Ketua Dekopimwil Sulsel yang ikut memberi sambutan, bahwa KSP Berkat adalah salah satu Koperasi Besar di Sulawesi Selatan dan mmang cuma ada 2 Koperasi Primer Nasional di Sulsel.

” Dan hebatnya salah satu Koperasi primer nasional itu pusatnya ada di Bulukumba, yaitu KSP Berkat dan ini pasti menjadi ikon tersendiri buat Kabupaten Bulukumba, bagaimana bisa merawat ada mesin ekonomi, ada energi ekonomi di Bulukumba yaitu KSP Berkat,” ungkap Abdul Malik Faisal.

kemudian tidak lama lagi bulan September kalau gak salah tahun ini ada persyaratan kur dan daerah di Kabupaten Bulukumba Dan ini menjadi momentum yang sangat bagus sekali di mana koperasi KSP berkat beserta seluruh anggota yang hadir ini itu bisa mengambil andil di sini untuk Bagaimana memberikan pelayanan Dan ini menjadi peluang ekonomi untuk bupaten Bulukumba hadirin yang saya hormati

Berdasarkan evaluasi yang dia lakukan tentang kinerja KSP Berkat Bulukumba melalui laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2021 disampaikan sebagai berikut, yaitu aspek keuangan perkembangan keuangan tahun 2021 mengalami peningkatan, baik dana pinjaman maupun penerimaan dari anggota sendiri sehingga pencapaian meningkat mencapai 100%.

Kemudian aspek usaha, peningkatan volume usaha dalam setiap tahun senantiasa dilakukan dengan baik, terbukti dengan perkembangan usaha dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Aspek permodalan kemampun KSP Berkat dalam mengakumulasi modal sendiri dari tahun ke tahun memiliki tren peningkatan yang cukup baik.

Dan aspek kualitas, aktivitas dan produktif yaitu kemampuan Koperasi mengelola aset menjadi aset yang produktif, sehingga pelayanan kepada anggota dapat berjalan dengan optimal.

Kemudian kemampuan pengurus dan pengelola dalam memanfaatkan modal dengan baik dan efisien dan efektif, sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang banyak.

Sementara itu Ketua KSP Berkat Dr.Ir.H.Andi Makkasau, MM saat bincang dengan awak media ini, mengaku bangga atas adanya salam dari Plt.Gubernur Sulsel.

” Ini membuktikan pak Plt Gubernur Sulsel Bapak Andi Sudirman Sulaiman, ikut peduli terhadap keberadaan KSP Berkat. Terima kasih pak Plt.Gubernur,” kata Andi Makkasau.

Sebelumnya Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo menyampaikan pula terima kasih kepada Bupati Bulukumba diwakili Sekda Ali Saleng, SH, Kadis Koperasi dan UKM Sulsel, para Kadis Koperasi se Sulawesi,
Kapolres Bulukumba AKBP. Suryono Ridho Murtedjo,S.IK, M.Si, Wakil Ketua DPRD Hj.Aminah, Dandim 1411/ Blk diwakili Kapt.Inf.Andi Irvan Kajari diwakili Andi Ajus, Ketua Dekopimwil Sulsel, Ketua Dekopimda Bulukumba Bakkareng.S.Pd serta seluruh Anggota dan undangan lainnya.

” KSP Berkat ini bisa besar karena partisipasi seluruh Anggota dan kerja keras seluruh karyawan dan pengurus,” ucap Karaeng Lompo usai pelaksanaan RAT ke 54 KSP Berkat. – Suaedy.-

Komentar

News Feed